Miris! Disdik Minta Setoran Rp 5 Juta per Sekolah

Miris! Disdik Minta Setoran Rp 5 Juta per Sekolah
Ilustrasi salah satu sekolah di Kepri. Foto: Dokumen Batampos/JPNN

jpnn.com - BATAM - "Siapkan uang Rp 5 juta, Bu, biar bisa disetor ke Disdik," kata AZ mengulang kalimat Kepala Sekolahnya, Kamis (11/2) siang tadi. Kalimat yang berisi perintah itu ditujukan ke Bendahara Sekolah.

"Tadi Kepala Sekolah ikut rapat di (kantor) Dinas (Pendidikan) lalu menelepon bendahara bilang seperti itu," ujar AZ, pria yang duduk sebagai Wakil Kepala Sekolah di SDN yang ada di Batam Kota itu.

Permintaan uang itu tidak disertai dengan alasan. AZ mengatakan, kepala sekolah pun tidak tahu untuk apa uang sebesar itu. Batas waktu penyetoran pun tidak disampaikan.

"Dia hanya menyatakan wajib setor," tuturnya seperti dikutip batampos.co.id, Jumat (12/2).

AZ mengaku sudah tidak tahan dengan kondisi tersebut. Pasalnya, permintaan sumbangan per sekolah itu bukan terjadi sekali-dua kali saja. Melainkan sudah berkali-kali. Di tahun 2015 lalu pun, Disdik sempat meminta sumbangan hingga tiga kali. 

Besaran sumbangan bervariasi. Pernah, sekolah dimintai sumbangan senilai 20 krat minuman kaleng. Sumbangan itu untuk tunjangan hari raya (THR) pegawai kantor Disdik.

"Kami saja nggak ada THR kok malah ngasih orang THR. Kan lucu," ujar AZ lagi. 

AZ mengaku sudah sering melaporkan hal ini. Namun, tidak ada tanggapan serius. Hingga kemudian ini kembali terulang. 

BATAM - "Siapkan uang Rp 5 juta, Bu, biar bisa disetor ke Disdik," kata AZ mengulang kalimat Kepala Sekolahnya, Kamis (11/2) siang tadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News