Wahai Para Gubernur Anyar, Ingat Pesan Mendagri Ini

Wahai Para Gubernur Anyar, Ingat Pesan Mendagri Ini
Pelantikan 7 pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/2). Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Tujuh pasangan gubernur hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2015, resmi dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jumat (12/2). Dengan demikian ketujuh pasangan gubernur yang ada‎, kini tak hanya menjadi pemimpin di daerah, tapi juga sebagai wakil pemerintah pusat di daerah.

"Semata-mata kami ingin walaupun dipilih oleh masyarakat di daerah,  tapi gubernur juga merupakan wakil pemerintah pusat yang harus melaksanakan , menjabarkan apa yang menjadi garis kebijakan politik bapak presiden untuk membangun daerah yang ada," ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Jumat (12/2).

Karena itu begitu selesai dilantik, Tjahjo berharap para gubernur langsung bekerja. Apalagi penjabat gubernur yang sebelumnya bertugas di ketujuh daerah tersebut, telah melaksanakan ‎tugas-tugas untuk anggaran dan penyerapan anggaran sepanjang Januari dan Februari 2016.

"‎Program kepala darah otomatis harus terus berjalan, walaupun berganti (pemimpinnya,red). Baik itu penyerapan anggaran, berlakunya program-program kegiatan, itu harus terus berkesinambungan. Tidak ada kata berhenti supaya target dan penyerapannya baik," kata Tjahjo.

Selain itu, mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini juga mengingatkan, kepala daerah juga harus melaksanakan janji politik yang dikemukakan pada masyarakat, saat kampanye pemilihan beberapa waktu lalu.(gir/jpnn)


JAKARTA - Tujuh pasangan gubernur hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2015, resmi dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jumat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News