Infrastruktur di Ribuan Desa Masih Sangat Memprihatinkan

Infrastruktur di Ribuan Desa Masih Sangat Memprihatinkan
Marwan Jafar. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Infrastruktur sekitar 34 persen dari total 18.206 desa yang berada di daerah tertinggal masih sangat memprihatinkan. Akibatnya, proses peningkatan kesejahteraan masyarakat tidak bisa dilakukan secara maksimal.

Pasalnya, hasil bumi yang ada sulit dibawa dari keluar daerah tersebut. Jika dipaksakan, harga kirimnya menjadi sangat mahal.

Karena itu Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Marwan Jafar meminta dana desa 2016 harus digunakan sepenuhnya untuk pembangunan infrastruktur.

“Minimnya infrastruktur di desa-desa inilah yang menyebabkan desa-desa tertinggal tidak berkembang. Akses yang tidak menunjang, juga infrastruktur yang dibutuhkan dalam aktivitas ekonomi juga tidak ada. Bagaimana mau maju,” ujar Marwan, Jumat (12/2).

Marwan menambahkan, masih terdapat 122 daerah yang masuk kategori daerah tertinggal di Indonesia saat ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 73 persen di antaranya masih memiliki pertumbuhan ekonomi di bawah rata-rata nasional. (gir/jpnn)

 

 


JAKARTA – Infrastruktur sekitar 34 persen dari total 18.206 desa yang berada di daerah tertinggal masih sangat memprihatinkan. Akibatnya, proses


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News