Pak Jokowi, Ini Ada Pujian dari Ketua DPR Lagi

Pak Jokowi, Ini Ada Pujian dari Ketua DPR Lagi
Ketua DPR Ade Komarudin. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR Ade Komarudin memuji langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginstruksikan para menteri di Kabinet Kerja agar mengontrol penuh penggunaan anggaran dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2017 di setiap kementerian. Menurut Ade, pola itu akan membuat pengeluaran negara lebih efisien dan jelas peruntukkannya.

"Saya setuju bila rencana presiden ini positif. Ini sebuah langkah nyata efisiensi dan pengendalian anggaran,” ujarnya di Jakarta, Jumat (12/2).

Akom -sapaan Ade- mengaku bisa memahami keinginan Presiden Jokowi soal pentingnya menteri mengendalikan penggunaan anggaran di masing-masing kementerian. Sebab, hal itu memang demi terwujudnya program-program yang sudah dicanangkan pemerintah.

Yang tak kalah penting, lanjut Akom, pola itu akan memperketat pengawasan atas penggunaan keuangan.  “Dengan sistem baru yang didorong presiden, maka proses akan lebih mudah untuk mengontrol, mengecek, dan mengawasinya," katanya.

Sebelumnya Presiden Jokowi menginstruksikan perubahan total dalam penyusunan RKP Tahun Anggaran 2017. Menurutnya, para menteri harus betul-betul mengendalikan arah penggunaan anggaran dan tidak menyerahkannya ke bawahan.

“Arah itu dipegang penuh oleh menteri, sehingga di dirjen, direktur, dan ke bawah itu hanya memberikan rincian. Kebijakan  yang berkaitan itu dipegang menteri,” ujar Jokowi.

Ia menegaskan, penganggaran harus difokuskan pada program prioritas. Dengan demikian program-program yang sudah dicanangkan pemerintah bisa segera terealisasi.

Money follows program itu ya program kita apa, semuanya fokus ke situ. Kalau tidak seperti ini tidak akan kelihatan nanti, tidak akan kelihatan barang, tidak akan kelihatan kemanfaatan, tidak akan kelihatan rasa oleh masyarakat,” pintanya.(JPG/JPNN)

JAKARTA - Ketua DPR Ade Komarudin memuji langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginstruksikan para menteri di Kabinet Kerja agar mengontrol


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News