Menstruasi tidak Teratur? Yuk Cari Tahu

Menstruasi tidak Teratur? Yuk Cari Tahu
Ilustrasi. Foto: stuff.co.nz

Memiliki periode normal adalah sesuatu yang selalu diharapkan kaum wanita. Anda perlu mencari tahu jika waktu menstruasi tidak normal saat ini.

" Siklus menstruasi bulanan biasanya terjadi setiap 28 hari, dikendalikan oleh berbagai hormon dan fungsi kunci dari tubuh wanita," kata OB / GYN, dr. Sherry Ross seperti dilansir laman Sheknows.

Ross juga mengatakan, ovulasi adalah bagian penting dari siklus menstruasi dan terjadi sekitar 14 hari ketika folikel ovarium menghasilkan telur yang bisa dibuahi oleh sperma. Telur ini hanya tersedia untuk dibuahi selama 24 jam sebelum hancur.


" Periode Anda dimulai ketika berusia 11-12 tahun. Berlangsung 2-7 hari dan berlanjut sampai Anda menopause," jelas Ross.

Setiap wanita akan mengalami periode yang tidak teratur dari waktu ke waktu. Menurutnya, meskipun dalam kebanyakan kasus tidak berbahaya tapi tetap penting untuk mencari tahu apa yang menyebabkan ketidakteraturan tersebut. (fny/flo/jpnn)

Berikut adalah beberapa alasan umum menstruasi tidak teratur:


1. Stres

Stres adalah penyebab paling umum dari menstruasi yang tidak teratur. Kortisol, hormon stres, memiliki dampak langsung pada seberapa banyak estrogen dan progesteron, dua hormon seks yang akan diproduksi oleh tubuh.  Jika Anda memiliki terlalu banyak kortisol dalam aliran darah Anda, waktu dan aliran siklus Anda bisa berubah. 

2. Diet

Alasan lain yang umum untuk periode terlambat adalah makanan yang Anda makan dan lebih khusus lagi berat Anda. Jika Anda makan diet yang kaya karbohidrat atau jika mengalami kenaikan berat badan maka tubuh akan menghasilkan berbagai tingkat hormon tertentu. Hal yang sama berlaku untuk perempuan karena mereka menurunkan berat badan. 
Agar seorang wanita bisa mempertahankan siklus teratur, persentase lemak tubuhnya setidaknya 17-22 persen.

3. Latihan

Tubuh kita membutuhkan energi untuk menstruasi. Jika Anda membakar terlalu banyak energi Anda di gym maka tidak akan ada yang tersisa bagi tubuh Anda untuk menggunakannya selama periode datang bulan.

Olahraga yang berlebihan dan perubahan berat badan yang tiba-tiba bisa mengacaukan kadar hormon Anda. Salah satu hormon ini disebut leptin dan diproduksi dalam jaringan lemak. Olahraga berlebihan dan perubahan berat badan drastis bisa menurunkan lemak tubuh dan menyebabkan kekacauan hormon.

4. Pil KB

Salah satu efek samping dari pil KB dosis rendah adalah terhentinya periode datang bulan. Ketika beberapa wanita berhenti minum pil KB, butuh waktu sampai tiga bulan agar periode kembali normal. 

5. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ini memengaruhi hingga 5 juta wanita di Amerika Serikat. Kondisi ini menyebabkan kista terbentuk pada ovarium, mengganggu ovulasi teratur. Gejala lain dari kondisi ini termasuk pertumbuhan rambut, berat badan, ketombe dan infertilitas.

 


Memiliki periode normal adalah sesuatu yang selalu diharapkan kaum wanita. Anda perlu mencari tahu jika waktu menstruasi tidak normal saat ini. "


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News