SIMAK, 10 Ciri Orang Kepribadian Ganda

SIMAK, 10 Ciri Orang Kepribadian Ganda
Ilustrasi bipolar disorder. Foto: meetdoctor.com

jpnn.com - Berkepribadian ganda atau bipolar disorder termasuk ke dalam gangguan mood yang sulit dipahami penyebabnya. Namun, anda tetap harus mengetahui ciri-ciri orang berkepribadian ganda. Dr Deffy Leksani Anggar Sari dari Meetdoctor.com mencatat setidaknya ada 10 ciri orang berkepribadian ganda. Untuk mendeteksi apakah seseorang benar menderita gangguan kepribadian ganda, coba cek 10 ‘gangguan mood’ ini :

 

1.Mood yang naik turun

Episode mood ini terbagi antara mania atau kegembiraan berlebihan hingga seakan tidak menginjak kenyataan atau yang biasa disebut seperti hypomania atau euforia, serta depresi secara mendadak. 

2. Tidak mampu menyelesaikan pekerjaan

Pekerjaan yang tidak selesai atau hanya diselesaikan separuh jalan saja merupakan gejala lain dari adanya kondisi bipolar. Biasanya, orang-orang seperti ini hanya efektif dan produktif ketika sedang ada di dalam fase hypomania. Mereka yang tidak bisa beralih dari satu tugas ke tugas lainnya dan sering sekali merencanakan berbagai proyek yang tidak realistis dan tidak pernah terselesaikan juga menandakan adanya kecenderungan bipolar karena tidak mampu fokus pada pekerjaan yang dilakukan.

3.Mudah depresi

Saat fase hypomania sudah berlalu, gejala depresi bisa muncul ke permukaan dan mengganggu energi, nafsu makan, pola tidur serta konsentrasi orang-orang yang menderita gangguan bipolar. Meski gejalanya relatif sama dengan orang-orang yang menderita depresi kebanyakan, mengonsumsi antidepresan saja terkadang tidak mencukupi dan tidak mengatasi kondisi ini. Bahkan, konsumsi obat seperti ini malah berpotensi memperburuk kondisi mereka atau membuat mereka seakan terpisah dari kenyataan atau kondisi mania.

Berkepribadian ganda atau bipolar disorder termasuk ke dalam gangguan mood yang sulit dipahami penyebabnya. Namun, anda tetap harus mengetahui ciri-ciri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News