Tiba-tiba Roboh, Kini Jenderal Soedirman Akan Tegak lagi

Tiba-tiba Roboh, Kini Jenderal Soedirman Akan Tegak lagi
Patung Jenderal Soedirman di Purbalingga yang rubuh. Foto: Radar Banyumas

jpnn.com - PURBALINGGA -Patung Jenderal Soedirman yang roboh beberapa waktu lalu, mulai dibangun kembali. Patung yang akan kembali diletakkan di lokasi semula di Simpang Empat Terminal Purbalingga tersebut, mulai dirangkai oleh pembuatnya, Azmir Azhari di Kompleks GOR Mahesa Jenar Purbalingga.

"Kami memang mendatangkan Azmir, sang pembuat patung dari Jakarta. Dia menggarap kembali patung Soedirman yang roboh tersebut,” kata Ketua Forum Purbalingga Bersih (FPB)  Kris Hartoyo Yahya, Jumat (12/2).

Dia menambahkan, pembangunan kembali patung yang menjadi ikon Kabupaten Purbalingga tersebut, dilakukan oleh organisasi yang dipimpin olehnya. Menurutnya, patung itu menjadi identitas Jenderal Soedirman. Pasalnya, pahlawan nasional tersebut lahir di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Purbalingga.

“Kami mengajukan diri kepada Pemkab dan diberi kepercayaan membangun kembali patung yang roboh tersebut,” imbuhnya.

Terkait dana pembangunan patung tersebut, pihaknya mendapatkan dari donatur yang tidak mengikat. Dana dari donatur atau pihak ketiga dipilih, karena jika menunggu anggaran dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, akan membutuhkan waktu yang lama. Anggaran pembangunan kembali patung tersebut, diperkirakan menghabiskan dana Rp 300 juta. Dia menargetkan pembangunan akan memakan waktu sekitar satu bulan.

"Kemungkinan anggaran baru bisa dimunculkan di APBD Perubahan 2016. Itu terlalu lama. Makanya kami mengambil inisiatif untuk menjadi penanggung jawab dan pelaksana pembangunan,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Patung Panglima Besar Jenderal Soedirman yang berlokasi di perempatan Jalan Mayjen Sungkono dengan Jalan Letnan Yusuf dan Jalan Soekarno-Hatta, tiba-tiba roboh, awal tahun lalu, sekira pukul 09.30. Beruntung, patung itu tidak menimpa pengendara yang melintas. (tya/flo/jpnn)


PURBALINGGA -Patung Jenderal Soedirman yang roboh beberapa waktu lalu, mulai dibangun kembali. Patung yang akan kembali diletakkan di lokasi semula


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News