6 Rahasia Memalukan yang Harus Anda Ungkapkan ke Dokter

6 Rahasia Memalukan yang Harus Anda Ungkapkan ke Dokter
ilustrasi. Foto: Meetdoctor.com

jpnn.com - Kita semua punya rahasia dan itu sah-sah saja. Tapi, ada beberapa rahasia yang sebaiknya jangan Anda simpan sendiri atau kesehatan Anda bisa rusak karenanya. Apakah Anda menyimpan rahasia masa lalu dari dokter?  Mungkin Anda menganggap apa yang terjadi dulu, tidak ada hubungannya dengan masa sekarang. Ketahuilah, Anda belum tentu benar. Beberapa penyakit bisa timbul akibat dari kecelakaan bertahun-tahun lalu yang tidak diobati. Terutama untuk kaum wanita. Inilah enam rahasia yang biasa disembunyikan para wanita dari dokter mereka, situs Meetdoctor.com menyarankan Anda agar mengungkapkannya sebelum terlambat.

Anda memiliki rambut berlebih di satu atau lebih bagian tubuh

Jika ada rambut yang tidak sedap dilihat, biasanya Anda akan mencukurnya sehingga ketika dokter memeriksa, dia tidak bisa melihat ada yang aneh. Anda harus tahu, rambut berlebih misalnya di perut atau bahkan di bawah hidung, adalah tanda ketidakseimbangan hormone. Terutama hormon endrogen. Umumnya itu disebabkan oleh sindrom polikistik ovarium, hiperplasia adrenal non-klasik, sindrom HAIR-AN (hiperandrogen, resistensi insulin, acanthosis nigricans), sindrom Cushing dan tumor ovarium atau adrenal. Semua kondisi ini bisa menyebabkan infertilitas dan memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Sakit di bagian bawah perut

Ada beberapa faktor penyebabnya, salah satunya adalah endometriosis. Adanya  rasa sakit yang meningkat saat menstruasi. Endometriosis juga bisa menyebabkan infertilitas. Penyebab lainnya mungkin adalah Irritable Bowel Syndrome atau IBS. IBS tidak menyebabkan infertilitas. IBS dan endometriosis bisa muncul bersamaan. Pasien IBS banyak yang akhirnya didiagnosa mengalami endometriosis.

Ms.V Anda kering, termasuk saat berhubungan seks

Pada umumnya, saat berhubungan seks, kelenjar di dekat Ms.V akan mengeluarkan cairan. Cairan ini berfungsi sebaga pelumas dan menciptakan lingkungan yang sehat agar sperma tetap hidup. Beberapa orang berpikir Ms.V kering adalah akibat kurangnya rangsangan seksual dan ketika wanita yang bersangkutan melakukan hubungan seks, dia akan mengalami sakit atau perih di Ms.V. Anggapan tersebut bisa saja benar, tapi bisa juga salah. Ms.V kering juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, infeksi atau iritasi, sebagai efek samping pengobatan, atau kondisi medis yang disebut Clomid.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan minyak pelumas khusus Ms.V Tapi tidak cukup sampai di situ, Anda juga harus memeriksakan diri ke dokter agar tahu masalah yang sesungguhnya dan pengobatan yang tepat agar kelembapan Ms.V kembali normal.

Kita semua punya rahasia dan itu sah-sah saja. Tapi, ada beberapa rahasia yang sebaiknya jangan Anda simpan sendiri atau kesehatan Anda bisa rusak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News