Bantuan AS untuk Korsel Ditentang Tiongkok

Bantuan AS untuk Korsel Ditentang Tiongkok
Korea Utara menegaskan peluncuran roket miliknya merupakan program ruang angkasa yang damai. Foto: AFP

jpnn.com - SEOUL - Sistem pertahanan rudal milik Amerika Serikat untuk melindungi Korea Selatan dari Korea Utara menuai kecaman dari Tiongkok. Negara Tirai Bambu itu menganggap rencana peluncuran rudal pertahanan AS itu mengancam keamanan di Tiongkok.

Menteri luar negeri Tiongkok, Wang Yi mengatakan, kepada kantor berita Reuters bahwa sistem pertahanan itu "jauh melampaui kebutuhan pertahanan semenanjung Korea" dan akan masuk ke wilayah Tiongkok. 

Wang Yi mendesak AS untuk memikirkan kembali strateginya tersebut. "Fakta-fakta yang jelas... (Sistem itu) jauh melampaui kebutuhan pertahanan di semenanjung Korea, dan itu berarti cakupannyau akan mencapai jauh ke benua Asia," katanya.

"Ini secara langsung mempengaruhi kepentingan keamanan strategis Tiongkok dan negara-negara Asia lainnya."

Wang juga mengatakan Tiongkok akan mendukung resolusi Dewan Keamanan PBB agar menekan Korea Utara "membayar harga yang diperlukan" untuk peluncuran roketnya baru-baru ini.(ray/jpnn)


SEOUL - Sistem pertahanan rudal milik Amerika Serikat untuk melindungi Korea Selatan dari Korea Utara menuai kecaman dari Tiongkok. Negara Tirai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News