Inilah 7 Tokoh Muda yang Layak Memimpin Golkar

Inilah 7 Tokoh Muda yang Layak Memimpin Golkar
Ketua Umum Golkar, Aburizal Bakrie sudah menyatakan tidak mau mencalonkan lagi dalam Munaslub Golkar.

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah  Jakarta, Gun Gun Heryanto mengatakan, Partai Golkar membuka peluang untuk dipimpin oleh kaum muda. 

Alasannya, Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) partai berlambang beringin itu dipastikan tidak lagi diramaikan Aburizal Bakrie alias Ical dalam perebutan ketua umum. 

"Seluruh kader yang berumur 40-60 tahun mempunyai peluang besar untuk menduduki ketua umum demi kemajuan partai ke depan," ujar Gun Gun saat dihubungi, Sabtu (13/2).

Gun Gun menyebut, setidaknya ada tujuh tokoh muda yang punya peluang. Tokoh muda Golkar yang dimaksud adalah Idrus Marham, Mahyudin, Setya Novanto, Fadel Muhammad, Azis Syamsuddin, Ade Komaruddin hingga Bupati Tangerang Zaki Iskandar yang punya peluang sama besarnya.  

Namun, peluang mereka yang menduduki pimpinan di organisasi sayap Golkar seperti, Kosgoro maupun Soksi seperti Azis Syamsuddin dan Ade Komaruddin sedikit lebih baik dibanding lainnya. Pasalnya, mereka mempunyai jejaring kader hingga bawah. "Tapi ini bukan jaminan mereka akan menang," tegas dia.

Yang pasti, lanjut Gun Gun calon Ketum yang rajin turun ke daerah dan sering bertatap muka dengan pemilik suara yaitu pimpinan DPD I dan DPD II Golkar yang akan unggul. "Sekarang semua calon harus tebar pesona ke pemilik suara agar bisa memenangkan pertarungan," sebut dia.

Sedangkan peluang Setya Novanto, kata Gun Gun cukup berat karena namanya terus dikait-kaitkan dengan kasus Papa minta saham. "Novanto harus bisa membersihkan namanya dan betul-betul tidak terkait dengan kasus tersebut bila ingin memenangkan pertarungan," saran dia.

Bagaimana dengan Zaki Iskandar? Gun Gun melihat peluangnya juga cukup baik karena saat ini menjabat sebagai pemimpin daerah yaitu Bupati Tangerang. "Tapi afiliasi terhadap pemilik suara di DPD I dan DPD II masih kurang dan ini harus diperbaiki secepatnya bila ingin menang," ujarnya.

JPNN.com JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah  Jakarta, Gun Gun Heryanto mengatakan, Partai Golkar membuka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News