Kabar Gembira dari PLN buat Wilayah Jawa-Bali

Kabar Gembira dari PLN buat Wilayah Jawa-Bali
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali berhasil menambah pasokan listrik, untuk memperkuat sistem kelistrikan di Wilayah Jawa dan Bali melalui pengoperasian Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) sebesar 500 kilo Volt (kV).

Plt Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, Agung Murdifi menjelaskan Sutet tersebut terbagi dua sirkuit. Satu  menyalurkan energi listrik dari Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap Ekspansi, yang berlokasi di Desa Karang Kandri, Kabupaten Cilacap dengan kapasitas 660 Mega Watt (Mw).

"Pengoperasian sirkuit pertama resmi dilakukan pada 12 Februari 2016, sedangkan sirkuit kedua masih dalam tahap pebangunan dan diperkirakan beroperasi pada Maret 2016," ujar Agung dalam siaran persnya, Minggu (14/2).

Pada 20 Januari 2016, PLN juga berhasil mengoperasikan Sutet 500 kV, yang menghubungkan PLTU 2 Jateng/Adipala (1 x 660 MW) ke sistem kelistrikan Jawa-Bali.

Selain itu, PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) XVI di Jawa Tengah dalam dua bulan terakhir juga telah berhasil mengoperasikan up-rating trafo, yang semula berkapasitas 30 Mega Volt Ampere (MVA), menjadi 60 MVA di beberapa Gardu Induk (GI).

Seperti GI Sragen, GI Secang Magelang, GI Pandean Lamper Semarang dan GI Beringin Salatiga. Dengan penambahan daya trafo yang mencapai 120 MVA tersebut, pelanggan bisa menikmati listrik yang lebih andal. (chi/jpnn)


JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali berhasil menambah pasokan listrik, untuk memperkuat sistem kelistrikan di Wilayah Jawa dan Bali


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News