19 Negara Meneropong Gerhana Matahari Total dari Sulteng

19 Negara Meneropong Gerhana Matahari Total dari Sulteng
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - PALU – Kota Palu dan Tomini di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bakal heboh pada 9 Maret 2016 mendatang. Pasalnya, ada 19 warga negara bakal merapat di wilayah tersebut dalam rangka menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) dan terbanyak adalah wisatawan asal Jepang.

“Gerhana Matahari Total (GMT) bagi Negeri Matahari Terbit, Jepang, itu sangat bermakna. Karena itu sejak dipromosikan tahun lalu, banyak orang Jepang yang sudah reservasi hotel di Palu,” ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Minggu (14/2).

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola pun cerdas mengoptimalkan momentum langka yang hanya terjadi 350 tahun sekali itu. Mereka pun mempersiapkan banyak aktivitas pre, on dan pasca event GMT.

“Salah satunya akan menggelar Total Solar Eclipse International Gateball Tournament pada 8-9 Maret 2016 di Palu,” kata Gubernur Longky.

Penyelenggaraan turnamen internasional ini sekaigus mempromosikan Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan melewati Sulawesi Tengah.

“Ini sangat efektif sebagai sarana untuk mempromosikan Sulawesi Tengah agar lebih dikenal ke mancanegara,” papar Gubernur Longki didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sulawesi Tengah Siti Norma Mardjanu, Sabtu (13/2).

Gateball, kata dia, adalah olahraga yang menggabungkan antara unsur hiburan dengan kompetisi dan bisa dimainkan orang tua dan muda. Karenanya, Siti Norman menilai sangat pas bila even ini dikemas dalam bingkai Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Ini  sekaligus sebagai upaya menarik kunjungan wisatawan ke Sulteng khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Sekadar gambaran, tahun ini Indonesia menargetkan 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta perjalanan wisatawan nusantara (wisnus). Total Solar Eclipse International Gateball Tournament akan diikuti 39 tim.

PALU – Kota Palu dan Tomini di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bakal heboh pada 9 Maret 2016 mendatang. Pasalnya, ada 19 warga negara bakal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News