Terungkap! Ternyata Keuntungan Google Senilai...

Terungkap! Ternyata Keuntungan Google Senilai...
Ilustrasi. FOTO: ist for jpnn.com

jpnn.com - SIAPAPUN pun pasti tahu bahwa raksasa mesin pencari Google menjadi salah satu perusahaan teknologi paling sukses di dunia. Google memang punya banyak produk, termasuk sistem operasi (OS) Android yang kini sudah banyak digunakan orang di dunia.

Khusus Android, Google memang tak pernah mengungkapkan secara jelas besar keuntungan bersih dari OS tersebut. Namun, baru-baru ini, besar pendapatan Google dari Android akhirnya terungkap juga.

Dalam sidang antara Oracle melawan Google, pengacara Oracle Annette Hurst mengungkap bahwa pendapatan Google dari Android mencapai USD 31 miliar atau setara Rp 419 triliun. Dari pendapatan tersebut, keuntungan Google mencapai USD 22 miliar atau Rp 297 triliun.

Menurut Hurst, pendapatan utama Android berasal dari penjualan toko aplikasi di Play Store serta dari iklan Google di dalam perangkat Android. 

Nah, karena Oracle membocorkan pendapatan Google dari Android, raksasa mesin pencari itu pun meminta hakim pengadilan menutup transkrip tersebut dari publik.

Ya, informasi yang diberikan Oracle termasuk sensitif. Google menulis surat permohonan menyebutkan bahwa data keuangan tersebut bukan untuk konsumsi publik dan sangat sensitif serta pengungkapannya pada publik bisa menyebabkan efek negatif signifikan pada bisnis Google.

Google dan Oracle saat ini memang sedang berseteru. Oracle menuntut ‘komisi’ karena Google menggunakan perangkat lunak Java di Android. Sedangkan Google keberatan membayar dan kasus ini pun berakhir di meja hijau. (IRS/adv/bca) 


SIAPAPUN pun pasti tahu bahwa raksasa mesin pencari Google menjadi salah satu perusahaan teknologi paling sukses di dunia. Google memang punya banyak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News