5 Kebiasaan yang Membuat Payudara Cepat Kendur

5 Kebiasaan yang Membuat Payudara Cepat Kendur
Ilustrasi. AFP

jpnn.com - PAYUDARA kencang, padat dan kenyal adalah impian setiap perempuan. Tapi, tak semua “aset” perempuan itu bisa bertahan sesuai keinginan. Ya, ada saatnya payudara menjadi kendur atau tidak kencang lagi. 

Faktor-faktor alami yang menyebabkan payudara kendur antara lain adalah umur dan menyusui bayi.  Dua faktor ini berkontribusi terhadap hilangnya elastisitas kolagen, jaringan ikat yang menentukan tingkat kekenyalan kulit Anda.  

Payudara turun juga bisa karena faktor genetika. Jika ibu Anda memiliki bentuk payudara turun, ada kemungkinan bentuk payudara Anda pun demikian. 

Hal-hal di atas adalah faktor-faktor alami yang membuat bentuk payudara berubah. Ini tentu saja tidak bisa dihindari.  

Tapi di luar faktor alami, ada juga faktor non-alami, yaitu kebiasaan sehari-hari,  yang bisa membuat payudara kempis dan turun. Inilah kebiasaan, yang menurut University of California Los Angels seperti dilansir situs kesehatan meetdoctor dapat membuat payudara menjadi kendur dan tak kencang lagi.

1. Diet yoyo 

Diet yoyo, seperti namanya, adalah jenis diet yang tarik ulur. Beberapa saat Anda diet ketat, kemudian lepas bebas makan apa aja. Diet yoyo menyebabkan berat badan naik turun dengan cepat. Suatu saat anda tak gemuk, tapi karena tak disiplin diet, tubuh ada kembali tambun.  

“Fluktuasi seperti ini membuat jaringan payudara menjadi cepat kendur,” kata Michael Edwards, MD, seorang ahli bedah payudara dan presiden dari American Society for Aesthetic Plastic Surgery.

PAYUDARA kencang, padat dan kenyal adalah impian setiap perempuan. Tapi, tak semua “aset” perempuan itu bisa bertahan sesuai keinginan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News