TNI AU Tambah Koleksi Pesawat Karya Anak Bangsa

TNI AU Tambah Koleksi Pesawat Karya Anak Bangsa
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA – PT Dirgantara Indonesia (PTDI) hari ini, Senin (15/2) menyerahkan Pesawat NC212-200 di Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur. Pesawat anyar tersebut akan digunakan untuk operasional Skadron Udara 4 Wing 2 Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Upacara penerimaan kedatangan pesawat dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Abdurrachman Saleh Marsekal Pertama TNI Djoko Senoputro dan dihadiri Direktur umum dan SDM PTDI Sukatwikanto.

"Pesawat yang diserahkan merupakan realisasi dari kontrak kerjasama antara PTDI dan Kementerian Pertahanan yang ditandatangani pada 18 Juli 2012," ujar Sukatwikanto dalam siaran persnya.

Sukatwikanto menambahkan, sampai akhir tahun 2015, perseroan telah berhasil mengirimkan berbagai seri pesawat NC212 untuk TNI sebanyak 32 unit. Dengan diserahkannya satu unit pesawat NC212-200 kepada TNI Angkatan Udara pada hari ini, menambah jumlah total pesawat yang diserahkan kepada TNI menjadi 33 unit.

"Ini membuktikan keseriusan PTDI untuk membantu pemenuhan alusista TNI demi menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa dan negara. Selain itu sebagai wujud komitmen dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara," papar Sukatwikanto.

Pesawat NC212-200 merupakan pesawat transportasi ringan yang dirancang untuk beroperasi di daerah-daerah perintis atau bandara kecil dengan infrastruktur minim dan landasan pacu tak beraspal.

Kompartemen kargo bisa menampung 18 penumpang dan barang bawaan atau 16 pasukan terjun payung lengkap, termasuk bisa memuat kendaraan di dalamnya. Sementara untuk evakuasi medis melalui udara, pesawat ini memiliki 12 tandu dan kursi untuk dua petugas medis. (chi/jpnn)


JAKARTA – PT Dirgantara Indonesia (PTDI) hari ini, Senin (15/2) menyerahkan Pesawat NC212-200 di Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News