Banten Belum Punya Bank, Mendagri Heran

Banten Belum Punya Bank, Mendagri Heran
Tjahjo Kumolo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo merasa heran mengapa Provinsi Banten hingga saat ini belum juga memiliki bank daerah seperti provinsi lain pada umumnya.

Padahal sudah lama berdiri sebagai daerah tingkat I, namun tetap saja bank pemdanya masih bergabung Jawa Barat. 

"Provinsi sudah lama, kenapa banknya masih nebeng dengan Jawa Barat. Ini harus bisa mandiri. Karena itu Kemendagri merekomendasikan agar pembahasan (kelanjutan pendirian Bank Banten,red) dilanjutkan," ujar Tjahjo di sela-sela apel Siaga Satpol PP di Serang, Banten, Senin (15/2).

Meski merekomendasikan agar pembahasan dilanjutkan, mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini tetap mengingatkan, seluruh mekanisme yang ada harus diikuti. Karenatanpa terpenuhinya aturan yang ada, tak mungkin sebuah program dapat berjalan dengan baik. 

"Jadi kalau kajian investasi misalnya tidak pas, coba dikaji kembali. Masukan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan,red) penting. Daerah harus punya mayoritas saham," ujarnya.

Tjahjo juga mengingatkan, dalam pembahasan nantinya Pemprov tidak bisa berjalan sendiri. Perlu melibatkan berbagai pihak terkait. Baik itu dengan DPRD maupun OJK. Langkah ini diyakini dapat memercepat proses pembahasan sehingga dapat sesuai mekanisme yang ada.(gir/jpnn)


JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo merasa heran mengapa Provinsi Banten hingga saat ini belum juga memiliki bank daerah seperti


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News