Imigran Uni Eropa Ancam Pekerja Inggris

Imigran Uni Eropa Ancam Pekerja Inggris
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - LONDON – Peluang kerja penduduk asli Inggris makin sempit. Hal itu tak lepas dari arus pekerja imigran asal Uni Eropa yang masuk ke Inggris. Dalam dua tahun terakhir, jumlahnya memang meningkat.

Sejak akhir 2015 lalu, sebanyak 2,036 juta pekerja imigran dari negara-negara Uni Eropa masuk Inggris. Jumlah itu meningkat dibandingkan periode Oktober-Desember 2014 yang “hanya” 1,821 juta.

Dalam rentang waktu satu tahun, ada kenaikan sekitar 202 ribu pekerja imigran. Dari jumlah tersebut, sebanyak 48 ribu di antaranya berasal dari Rumania dan Bulgaria.

Hal itulah yang membuat banyak pihak di Inggris khawatir. Saat ini, sebanyak 10,2 persen dari keseluruhan pekerja di Inggris adalah warga asing. Baik yang berasal dari UE maupun negara-negara lain.

“Jika imigrasi masal penduduk UE ini terus berlanjut, prospek bagi pekerja yang merupakan penduduk asli Inggris akan rusak,” ujar Pemimpin Partai Independen Inggris (UKIP) Nigel Farage sebagaimana dilansir laman Express pekan lalu. (sha/dos/jos/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Fiji Darurat Badai Super


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News