Bang Uchok Minta Publik Aktif Kejar Petugas Pajak yang Korup

Bang Uchok Minta Publik Aktif Kejar Petugas Pajak yang Korup
Uchok Sky Khadafi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Center for Budget Analysis (CBS) Uchok Sky Khadafi mengimbau masyarakat dan media aktif menaikkan penerimaan negara dari pajak. Caranya ialah dengan mengejar para oknum pajak yang selama ini diduga korup.

"Kalau Menteri Keuangan dan Dirjen Pajak akan mengejar masyarakat wajib pajak untuk membayar pajak perorangan karena dinilai penerimaan pajak perorangan sangat kecil, maka masyarakat bisa membantu negara menaikkan penerimaan pajak dengan cara membongkar perilaku para oknum pajak yang selama ini dikenal korup guna menekan kebocoran," kata Uchok di Jakarta, Senin (22/2).

Selama ini, sambung Uchok, masyarakat terbuai bahwa orang yang bekerja di Dirjen Pajak bisa memiliki kekayaan luar biasa. Kekayaan itu seolah-olah didapatkan dengan cara yang benar karena gaji petugas pajak yang besar.

"Selama ini jajaran petugas pajak yang korup merasa aman karena tidak terusik masyarakat. Kini momentumnya petugas pajak mengejar pajak masyarakat dan masyarakat harus aktif pula membongkar perilaku korup petugas pajak. Dengan demikian maka bukan hanya target penerimaan pajak yang tercapai, tapi juga target bersih-bersih jajaran pajak bisa terpenuhi," sarannya.

Selain itu, Uchok meminta masyarakat aktif melaporkan oknum-oknum petugas pajak yang memiliki kekayaan luar biasa sebagaimana kasus Gayus Tambunan. "Kalau seorang Gayus bisa mengeruk ratusan miliar, hitung saja berapa uang negara yang diselewengkan kalau ada seribu Gayus di Dirjen Pajak," tegas Uchok. (fas/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News