Bupati Siapkan Rp 300 Juta untuk Beasiswa Penyandang Disabilitas

Bupati Siapkan Rp 300 Juta untuk Beasiswa Penyandang Disabilitas
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas be ... m dengan anak penyandang disabilitas. FOTO: ist for jpnn.com

jpnn.com - BANYUWANGI – Pada akhir pekan lalu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menggelar silaturahim dengan berbagai elemen masyarakat di pendopo kabupaten yang juga rumah dinasnya. Selain dihadiri ribuan warga dari berbagai kalangan, silaturahmi ini juga dihadiri ratusan anak penyandang disabilitas yang diundang secara khusus oleh Anas.

”Khusus untuk anak-anak penyandang disabilitas, saya secara khusus mengundang mereka untuk memberikan semangat sekaligus memberitahukan bahwa Pemkab Banyuwangi akan kembali melanjutkan program pemberian beasiswa Banyuwangi Cerdas, yang salah satunya dialokasikan khusus untuk para penyandang disabilitas,” kata Anas.

Bupati berusia 43 tahun itu menambahkan, beasiswa Banyuwangi Cerdas mengalokasikan secara khusus untuk para penyandang disabilitas. 

Kata dia, anak penyandang disabilitas yang memenuhi syarat diberi fasilitas beasiswa kuliah sampai selesai sesuai dengan jurusan yang diminati. ”Tahun ini, alokasi untuk anak-anak penyandang disabilitas sebesar Rp 300 juta yang bisa dimanfaatkan untuk membiayai kuliah mereka,” kata Anas.

Anas mengatakan, beasiswa yang diberikan meliputi biaya pendidikan dan biaya hidup. Bagi yang memiliki prestasi apapun baik akademik, seni dan lainnya bisa mendaftar untuk mendapatkan beasiswa ini melalui sekolah dan desa atau lembaga terkait. 

Beasiswa ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas SDM sekaligus menciptakan akses pendidikan yang sama untuk semua anak.

”Insya Allah akan kami tambah terus. Sebelumnya Rp 150 juta, tahun ini naik jadi Rp 300 juta, tahun depan bisa Rp 500 juta,” kata Anas.

Beasiswa anak penyandang disabilitas itu melengkapi beasiswa Banyuwangi Cerdas yang tahun ini dialokasikan Rp 3,75 miliar. Beasiswa itu juga dimanfaatkan untuk membiayai anak-anak muda Banyuwangi berkuliah di berbagai perguruan tinggi. 

BANYUWANGI – Pada akhir pekan lalu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menggelar silaturahim dengan berbagai elemen masyarakat di pendopo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News