Batasi Pengungsi Masuk, Uni Eropa Ingatkan Austria

Batasi Pengungsi Masuk, Uni Eropa Ingatkan Austria
Uni Eropa memperingatkan Austria atas pembatasan jumlah pengungsi. Uni Eropa menganggap itu sebagai tindakan melanggar hukum. Foto: AFP

jpnn.com - AUSTRIA - Meningkatnya jumlah pengungsi ke beberapa wilayah di negaranya, Austria membatasi jumlah pendatang yang boleh melintas perbatasan Austria. Ini ditandai dengan pengetatan perbatasan oleh negara-negara Balkan yang menjadi salah satu rute untuk masuk ke Eropa. 

Pernyataan awal Kementerian Dalam Negeri Austria mengatakan dalam satu hari hanya 80 pencari suaka yang bisa diterima masuk lewat perbatasan sebelah selatan.

Atas kebijakan tersebut, Uni Eropa sudah memperingatkan Austria bahwa pembatasan jumlah pengungsi sebagai tindakan melanggar hukum.

Namun pemerintah Wina kini mengatakan pembatasan hanya berlaku untuk satu pintu perbatasan, di Spielfeld, sedangkan di tempat lain tidak diberlakukan kuota.

Saat ini kembali Austria menggelar pertemuan dengan negara-negara Balkan yang memiliki perbatasan dengannya untuk membahas krisis pengungsi yang melanda Eropa.

Namun Yunani -yang menjadi tujuan pertama para pendatang- menyampaikan protes resmi karena tidak diundang untuk ikut.(ray/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News