Lebih Dekat dengan Andi Bayou, Si Koki Musik Indonesia

Lebih Dekat dengan Andi Bayou, Si Koki Musik Indonesia
Andi Bayou. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - PERNAH dengar nama Andi Bayou? Kalau Anda anak era 90-an dan doyan musik Tanah Air, mungkin nama itu masih melekat di ingatan.

Andi Haryo Setiawan nama lengkapnya. Pria kelahiran Yogyakarta 20 Agustus 1971 ini dikenal sebagai peracik musik. Ya, jadi produser musik, arranger, komposer dan produser album dari banyak musisi papan atas sudah dia lakoni.

Andi pernah menjadi produser musik untuk lagu-lagunya Iwan Fals, Mus Mujiono dan Nicky Astria. Atau lebih ke sini, dia pernah menjadi produser untuk Mayangsari, Warna, Sheila On 7, Rio Febrian, Judika, Dewi Sandra hingga Syahrini.

Dalam porsinya sebagai produser album, Andi Bayou berkarya untuk Rising Star Indonesia, Akademi Fantasi Indosiar Sesi 1, Ardina Rasty, Eren Kangen Band dan 5 Album Kangen Band.

Andi Bayou juga mengasah bakat bersama band local jazz Jogja Sweetener, yang kala itu berisikan Hari Toledo, Imam Kustiono. Lalu, direferensikan oleh Edy Syahroni.

Banyak relasi musik yang dia kenal ketika masih mengasah potensinya. Sebut saja, Kadek, Anto Hoed, Krisna Balagita dan James F. Sundah.

Tahun 1993, Andi bergabung dengan Sket Band. Selanjutnya ditahun 1995 membentuk Bayou dan ikut membesarkan nama band itu lewat single Hanya Dirimu di posisi keyboard dan vokal.

Dua band tersebutlah yang membuat dirinya sempat merasakan dilematik, lantaran harus menentukan salah satu pilihan. Bersama Sket ia merasakan ada harmoni persaudaraan di dalam band, meskipun di situ hanya sebagai additional player. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News