Orang Amerika yang Minum, Indonesia yang Mabuk

Orang Amerika yang Minum, Indonesia yang Mabuk
Eltinus Omaleng. Foto: dok/Radar Timika

jpnn.com - TIMIKA - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng meminta PT Freeport Indonesia (PTFI) memilih putra daerah untuk mengisi kekosongan kursi Presiden Direktur PTFI.

Eltinus mengatakan, terkait posisi Presdir merupakan salah satu poin tuntutan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika. 

Menurut Bupati, ini bukan hanya keinginan pemerintah, tapi juga masyarakat Papua terutama dua suku yakni Amungme dan Kamoro sebagai suku yang kena dampak langsung dari kehadiran PT Freeport Indonesia. “Itu keinginan masyarakat, bukan cuma pemerintah saja,” katanya, seperti dikutip dari Radar Timika, Rabu (2/3).

Eltinus bahkan menyatakan sudah mengantongi satu nama yang akan diajukan menduduki kursi Presdir Freeport. Hanya saja bupati belum mau mengungkapkan nama itu ke media.

"Masyarakat Papua bahkan Amungme dan Kamoro memiliki figur-figur yang dianggap mampu mengelola perusahaan tambang raksasa sekelas Freeport. Ada ribuan putra-putri Papua yang melanjutkan kuliah sampai ke luar negeri, akan kembali membangun daerahnya. Termasuk mengelola hasil kekayaan Papua itu sendiri," tandasnya.

Intinya, imbuh Eltinus, putra daerah Papua sudah sangat siap pimpin Freeport. Soal riak politik terkait Freeport, Eltinus menganggapnya hanya lelucon belaka. “Mereka yang ribut-ribut itu kan istilahnya orang Amerika yang minum di sana, orang Indonesia yang mabuk,” ujarnya. (sun/adk/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News