Kisah Langka Ibu Muda Hamil Kembar Empat

Kisah Langka Ibu Muda Hamil Kembar Empat
Ilustrasi: indiatimes

jpnn.com - PERUT Riana, kian hari semakin membesar. Ibu muda 24 tahun asal Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara itu sedang bersiap melakoni persalinan keduanya. 

Riana hamil dan berdasarkan hasil USG, ada empat janin di dalam perutnya. Semuanya perempuan. Langka! Ya, di Sulawesi Tenggara, mengandung kembar empat masih terhitung sangat langka. 

Kini Riana makin sulit mengerakkan tubuhnya. “Ini akan jadi persalinan kedua saya, dan pasti sulit karena janinnya empat orang,” kata Riana, saat ditemui Kendari Pos, di rumahnya di Ambepua, Konawe Selatan, Kamis (3/3). 

Istri dari Habil (23) itu membatasi gerak tubuhnya, khawatir terjadi apa-apa dengan kandungannya yang kini sudah memasuki delapan bulan. “Mungkin nanti akan operasi Caesar,” kata Ria, sapaan bungsu dari sembilan bersaudara ini. 

Riana bercerita, ia tahu soal empat calon bayinya itu saat usia kandungannya jalan empat bulan. November 2015 lalu, Riana dan Habil sepakat untuk chek up di salah satu klinik yang terletak di Kemaraya, Kendari. 

Saat usia kandungan Riana tujuh bulan, ia sempat dirawat di RS Bhayangkara Kendari. Dokter menyarankan untuk pematangan paru-paru. Dua malam kemudian, posisi bayi yang dikandungnya berubah. Riana mengeluh sakit pada bagian ulu hatinya.

"Setelah diperiksa, ternyata tiga bayi naik di ulu hati. Sementara bayi yang satu berada tepatnya di bagian bawah. Akhirnya disarankan kembali ke rumah untuk istirahat secukupnya," kenang Riana.

Seminggu kemudian, Riana kembali ke klinik untuk chek up. Ia pun dirujuk kembali ke rumah sakit Bayangkara. Usia kandungannya semakin matang tujuh bulan. "Karena saat itu, setelah cek up pertama, dokter bilang harus operasi, dan tidak bisa sampai sembilan bulan, paling cepat tujuh bulan sudah harus operasi. Dokter juga bilang nda bisa normal, karena empat janin. Makanya harus ambil langkah operasi," katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News