GMT: Ide Kakaknya Yusril Ihza Mahendra Patut Diacungi Jempol

GMT: Ide Kakaknya Yusril Ihza Mahendra Patut Diacungi Jempol
Gerhana Matahari. Foto: ilustrasi.AFP

jpnn.com - MANGGAR – Gagasan Bupati Belitung Timur (Beltim), Babel, Yuslih Ihza, patut diapresiasi. Kakak kandung Yusril Ihza Mahendra itu akan mendirikan tugu/monumen Gerhana Matahari Total (GMT) di depan rumah dinas Bupati A1, Bukit samak Manggar.

Ide ini terinspirasi pada saat dirinya dan Wakil Bupati Beltim, Burhanudin bersantai dirumah dinas Bupati dan Wakil Bupati, saat melihat matahari terbit dari sebelah timur, tepatnya didepan rumah dinas Bupati, pada pukul 06.00 WIB, Minggu (6/3) kemarin.

"Tentunya untuk membuktikan bahwa Beltim pernah dilintasi oleh GMT maka kami berencana akan membangun tugu monumen GTM ini, dan pastinya tidak akan menggunakan dana yang besar, yang pasti kami akan membuat, dengan menandakan bahwa Beltim pernah dilintasi oleh GMT tersebut," ungkap Yuslih saat mendapatkan ide untuk merencanakan mendirikan tugu monumen tersebut, Minggu (6/3) kemarin.

Karena menurutnya, GMT melintas pada kurun waktu yang singkat, dan itu pun belum tentu nantinya jika ada GMT lagi, akan melintasi Kabupaten Beltim ini.

"Saat ini sudah dipersiapkan untuk pembuatan tugu monumen tersebut, dan merupakan bagian dari sejarah. Meskipun hanya dengan menggunakan kayu dan sebagainya," lanjut Yuslih.

Saat ini menurut dirinya dan Wabup, Burhanudin, sudah memerintahkan SKPD terkait untuk mempersiapkan pembuatan tugu/monumen tersebut. Dan saat ditanya berapa tinggi dan lebar tugu/monumen itu akan dibuat, Yuslih dan Aan sapaan akrab Burhanudin masih belum memastikan berapa ukuran yang akan dibangun.

"Sejauh ini kita sudah berkoordinasi dengan SKPD terkait untuk mempersiapkan pembuatan tugu/monumen GMT tersebut, karena ini sifatnya mendadak, maka untuk bentuk ukuran tinggi dan lebar masih akan menyusul, yang pasti kita siapkan terlebih dahulu," sebutnya.

Perlu diketahui, titik pengamatan di Kabupaten Beltim terdapat di berbagai titik yang tersebar, antara lain, Pantai Lalang Manggar, Pulau Buku Limau, Pantai Olivier,  Pantai Serdang, Pantai Tambak Damar, Pantai Sengaran Kelapa Kampit dan pusat titik lainnya. (feb/sam/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News