Wow! Ada Bunga Bangkai Tingginya 3,7 Meter...Lihat ni Fotonya

Wow! Ada Bunga Bangkai Tingginya 3,7 Meter...Lihat ni Fotonya
Nampak peneliti KRC LIPI tengah memperlihatkan tingginya bunga bangkai yang baru berbunga. Foto: Radar Cianjur

jpnn.com - CIBODAS - Salah satu bunga bangkai (Amorphophallus Titanum) koleksi Kebun Raya Cibodas (KRC), Cianjur, Jawa Barat, mekar sempurna dengan tinggi mencapai 3,75 meter, Senin (7/3). Tanaman tersebut tercatat sebagai bunga tertinggi yang pernah mekar di Kebun Raya Cibodas.

"Bunga Bangkai yang mekar saat ini merupakan bunga tertinggi dari spesimen koleksi bunga bangkai yang sama dan paling tinggi diantara bunga yang pernah mekar di Kebun Raya Cibodas,” ujar Staff Jasa dan Informasi Kebun Raya Cibodas-LIPI Dwi Novia.

Menurutnya, berdasarkaan data di KRC bunga bangkai tersebut mekar untuk pertama kali tahun 2003 dengan tinggi bunga mencapai 2,7 meter, tahun 2007 mencapai tinggi 3,17 meter, tahun 2011 tinggi perbungaan 3,2 meter dan tahun 2016 mencapai tinggi 3,735 meter.

Saat ini, lanjutnya, bunga bangkai tersebut dijaga ketat agar tidak didekati pengunjung. Pasalnya, bunga tersebut sempat jadi korban penimpukan pengunjung nakal. 

“Saat pelemparan bunga tersebut terkena bagian spadix atau tongkol bunga yang menjulang ke atas. Walaupun terkena di bagian tengahnya, luka belahan itu menjalar ke atas dan ke bawah sehingga patah dan membusuk. Makanya, agar kejadian serupa tak terulang kami lakukan berbagai antisipasi dan imbauan ke pengunjung,” terangnya. (radar cianjur/fhn/dil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News