Perkuat Listrik Jawa-Bali, PLN Bangun GITET Lengkong

Perkuat Listrik Jawa-Bali, PLN Bangun GITET Lengkong
Foro: dokumen JawaPos.Com

jpnn.com - JAKARTA - PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) V akan membangun proyek Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 KV Lengkong untuk meningkatkan suplai energi listrik pada sistem Jawa Bali, terutama di Provinsi Banten. Rencananya, GITET Lengkong akan dibangun di atas lahan seluas 15 hektare di Desa Cibogo, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Manajer Hukum, Komunikasi, dan Pertanahan Unit Induk Pembangunan V Dwi Wibihandoko mengatakan, GITET Lengkong akan memiliki kapasitas 2 x 500 megawatt. Selain itu, GITET Lengkong juga akan berfungsi sebagai penurun tegangan, khususnya pada tegangan 500kV/150 kV dan 150kV/20 kV.

"Pembangunan tersebut berfungsi untuk mengevakuasi daya listrik dari pusat pembangkit listrik ke PLTU Suralaya dan IPP Lestari Banten Sinergi melalui Gardu Induk 500kV/150kV dan 150kV/20kV," ujar Dwi dalam siaran persnya, Rabu (9/3).

Dwi menambahkan, PLN berharap pembangunan GITET 500 kV Lengkong akan semakin memaksimalkan kinerja perusahaan milik negara itu dalam melayani pelanggan. Terutama untuk mempermudah penyediaan pasokan listrik.

"PLN nantinya bisa melayani kebutuhan listrik untuk menopang pertumbuhan ekonomi, sebagai persiapan evakuasi daya program listrik 35 ribu Mw. Diharapkan pada 2017, GITET Lengkong sudah bisa beroperasi, sehingga pembangunannya harus dilaksanakan secara cepat pada 2016-2017," tandas Dwi.(chi/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News