Calon Perseorangan Mengarah kepada Semangat Pelemahan Parpol

Calon Perseorangan Mengarah kepada Semangat Pelemahan Parpol
Ketua Komisi II DPR RI Rambe Kamarul Zaman. FOTO: DOK.JPNN.

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi II DPR RI, Rambe Kamarul Zaman menilai fenomena calon perseorangan yang saat ini digulirkan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sudah mengarah kepada semangat pelemahan partai politik.

"Menjelang Pilkada DKI Jakarta tahun 2017, isu calon perseorangan sudah mengarah kepada deparpolisasi," kata Rambe, dalam diskusi di Lobi Nusantara III, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (10/3).

Menurut politikus Partai Golkar ini, majunya bakal calon independen dalam pilkada DKI Jakarta tidak harus diikuti oleh pernyataan pelemahan partai politik. "Sikap deparpolisasi bertentangan dengan undang-undang, lho," tegasnya.

Fenomena calon independen dalam keseluruhan pilkada menurut Rambe, mestinya disikapi secara baik sebagai proses pendidikan politik dan internal partai politik harus pula mengevaluasi diri. 

"Kalau internal partai politik membaik, DPR dengan sendirinya juga akan lebih baik," tegasnya.

Dalam kenyataanya lanjut Rambe, di luar partai politik dan DPR dikembangkan isu deparpolisasi bahkan direcoki. 

"Makanya saya berharap partai politik jangan direcoki. Dorong dia berkembang serta hentikan membangun opini parpol tidak benar karena itu bertentangan UU," ujarnya.

Terakhir dia katakan, kalau diusut figur calon perseorangan di pilkada tetap saja dasarnya dari partai politik. Ketika calon perseorangan ini menang, partai politik juga tidak ribut. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News