Langkah-langkah Kadin Dukung Program Lingkungan

Langkah-langkah Kadin Dukung Program Lingkungan
Sampah. Foto: ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - ‎Kadin siap mendukung, mengawal, dan mengoreksi program-program lingkungan pemerintah yang berdampak negatif khususnya pada dunia perdagangan dan industri di tanah air.

Menurut ‎Wakil Ketua Umum Kadin bidang Lingkungan Jacob Hendrawan‎, langkah tersebut dilakukan karena Kadin merupakan mitra pemerintah. Selain itu, agar program lingkungan pemerintah dapat terus dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan.

"Sebagai penyeimbang, Kadin akan menjembatani, serta memfasilitasi program pemerintah yang berjalan tanpa merugikan masyarakat industri dan stake holder lainnya. Karenanya program lingkungan ini harus konsisten dan berkesinambungan," kata Jacob, Kamis (10/3).

Menurut Jacob,Kadin berupaya terus mengeliminasi kerusakan lingkungan dan dampak yang diakibatkan dari penggunaan bahan-bahan produksi yang menimbulkan limbah.

"Karenanya, Kadin tiada henti mensosialisasikan peran serta masyarakat terhadap perhatian dan pemeliharaan lingkungan hidup bersama -sama dengan pemerintah," ujarnya.

Adapun langkah-langkah konkrit yang dilakukan, menurut Jacob, Kadin bekerja sama dengan pihak terkait baik pemerintah maupun lembaga-lembaga profesional yang berkaitan dengan masalah lingkungan hidup, untuk bersama-sama melakukan penyuluhan, seminar, training, bimbingan teknis dan pedoman-pedoman lainnya.

Langkah-langkah tersebut sebagai upaya menciptakan lingkungan hidup yang bebas dari pencemaran atau bahkan berakibat pada rusaknya fisik alam dan ekosistim.

Menurut Jacob, kegiatan-kegiatan tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan melibatkan industriawan maupun lembaga-lembaga konsumen baik di pusat maupun di daerah. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News