Dukung Presiden untuk Bereskan Mafia Impor Daging

Dukung Presiden untuk Bereskan Mafia Impor Daging
Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Trimedya Pandjaitan menegaskan bahwa sudah jadi rahasia umum impor komoditas seperti daging dikuasai oleh mafia. Menurut politikus yang akrab disapa Trimed itu mafia impor bisa terus bertahan karena melibatkan kekuatan penting di negeri ini. 

"Untuk itu, sebaiknya presiden segera memanggil Menteri Keuangan bersama jajarannya seperti Dirjen Bea Cukai. Kemudian Kapolri, BIN, bahkan KPK, untuk menuntaskan ini. Menkopolhukam dilibatkan untuk menuntaskan ini," kata Trimedya menanggapi dugaan masuknya ribuan ton daging sapi ilegal dari India ke Indonesia, beberapa saat lalu (Kamis, 10/3).‎ 

Menurut Trimedya, bila pemerintah serius, masalah mafia impor adalah urusan sederhana. Menurutnya, Ditjen Bea Cukai (DJBC) sebagai garda terdepan di pintu importasi barang harus memperketat pengawasan. 

Menurutnya, gerakan yang dipimpin Presiden menuntaskan mafia impor itu mampu membersihkan sampai ke akarnya. 

"Bukan hanya impor daging, tapi juga lain. Ini ada sindikat dan mafia. Harus dibongkar. Apa yang dulu terjadi dengan mantan Presiden PKS juga sudah membuktikan. Ini yang harus benar-benar dituntaskan," tegas Trimedya. 

Kalau mafia impor ini selesai, lanjut dia, presiden takkan pusing lagi. Sebab potensi pemasukan negara bisa diselamatkan. Potensi pemasukan negara dari impor ini besar sekali. Makanya Pemerintah harus sungguh-sungguh," sambungnya.  

Lebih jauh, Trimedya juga mendukung bila KPK dilibatkan untuk memberikan semacam terapi kejut (shock theraphy) di sektor importasi komoditas dimaksud. 

"Dari situ KPK bisa mengungkap siapa sebenarnya jaringannya. Kalau dulu Fathanah. Apa ada pemain lagi? Pasti ada mafianya karena keuntungannya besar sekali dari impor ilegal," ungkapnya. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News