Pemda Punya Masalah, Mendagri Beri Solusi

Pemda Punya Masalah, Mendagri Beri Solusi
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com - ‎JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebutkan,  sebanyak 91 persen daerah memiliki utang kepada PDAM sampai triliunan rupiah. Hal tersebut tentu menghambat pelayanan ke publik, khususnya terkait penyediaan layanan air bersih.

Tjahjo memberikan sejumlah solusi kepada pemerintah daerah (Pemda) terkait persoalan tersbeut.

“Saya sudah bicara kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK). Nantinya hutang kabupaten/kota akan ditalangi pemerintah pusat,” kata Tjahjo dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kalimantan, belum lama ini.

Selain itu, ke depan akan ada dana taktis untuk bupati/walikota. “Mereka akan memperoleh dana Rp 100 miliar. Namun belum untuk gubernur,” ujar Tjahjo.

Dia juga meminta agar kepala daerah bisa menentukan skala prioritas dalam membagikan anggaran ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Menurut dia, jangan nantinya APBD dibagi-bagikan sama kepada semua SKPD. “Fokus saja pada SKPD prioritas,” kata dia.

Kepala Bappenas, Sofyan Djalil menambahkan, daerah memang harus memiliki program prioritas. Jangan semua masuk sebagai usulan, karena anggaran dari pusat terbatas sehingga perlu menu usulan. “Saat ini usulan dari daerah terlalu banyak, dan tak ada prioritas,” ujar dia. (adv)

 


‎JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebutkan,  sebanyak 91 persen daerah memiliki utang kepada PDAM sampai triliunan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News