PENGUMUMAN: Tes Masuk Sekolah Ikatan Dinas Mirip Seleksi CPNS

PENGUMUMAN: Tes Masuk Sekolah Ikatan Dinas Mirip Seleksi CPNS
Foto ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Kali pertama, penerimaan mahasiswa pendidikan ikatan dinas dilaksanakan secara terintegrasi. Pendaftarannya pun dilakukan secara online. Cara ini persis dengan seleksi CPNS 2013 yang dilakukan serentak lewat sistem online.  

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, cara tersebut merupakan terobosan untuk meningkatkan kualitas penerimaan siswa ikatan dinas, serta menghilangkan terjadinya praktik kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN) yang sering dikeluhkan masyarakat selama ini.

“Penerimaan siswa  sekolah ikatan dinas tahun ini dilakukan secara terintegrasi, serta pendaftarannya dilakukan secara online dikoordinir KemenPAN-RB,” ujarnya di Jakarta, Selasa (15/3).

Dijelaskan, untuk pendaftaran online dilaksanakan melalui portal panseldikdin.menpan.go.id. Seperti halnya dalam seleksi CPNS, bagi peserta yang lolos seleksi administrasi juga wajib mengikuti tes kompetensi dasar (TKD).

Dalam hal ini, pelaksanaan TKD menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dengan sistem pendaftaran terpadu ini, dan tes CAT,  tidak ada satu orang atau pihak manapun yang bisa membantu kelulusan.

Yuddy mewanti-wanti kepada seluruh warga  jangan terbuai dengan bujukan oknum-oknum yang mengaku bisa meloloskan anaknya masuk ke sekolah ikatan dinas tertentu. “Hanya hasil tes yang menentukan lulus tidaknya calon siswa ikatan dinas. Jangan percaya kalau ada yang mengaku bisa meluluskan,” tegas Menteri Yuddy.‎

Seperti diberitakan sebelumnya, tahun ini pemerintah membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik lulusan Sekolah Menengah Umum (SMU) sederajat mengikuti seleksi untuk diterima menjadi siswa/taruna pada Kementerian/Lembaga yang mempunyai Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID).

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Dwi Wahyu Atmaji mengungkapkan, ada tujuh LPID yang membuka kesempatan 5.940 kursi calon siswa. Ketujuh LPID dimaksud adalah Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, yang membuka kesempatan untuk 3.650 siswa.

JAKARTA--Kali pertama, penerimaan mahasiswa pendidikan ikatan dinas dilaksanakan secara terintegrasi. Pendaftarannya pun dilakukan secara online.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News