AWAS! Kabarnya Banyak Dukun yang Menyantet Lewat Facebook

AWAS! Kabarnya Banyak Dukun yang Menyantet Lewat Facebook
Ilustrasi. AFP

jpnn.com - KUALA LUMPUR – Bagi Anda yang masih menganggap bahwa dukun adalah “profesi” yang ketinggalan zaman, dan nggak update, bisa jadi salah. Ternyata, kini dukun pun bisa mengirim santet lewat media sosial. Salah satunya melalui Facebook.

Humas Kementerian CyberSecurity Malaysia Jazannul Azriq Aripin mengatakan, pihaknya menemukan indikasi bahwa banyak dukun di Malaysia yang akrab disebut “bomoh” bisa melancarkan ilmu hitamnya melalui media sosial. Salah satunya Facebook. 

“Jangan heran jika bomoh semakin pintar. Alat sihir mereka sudah lebih modern. Mereka mungkin telah menginstal broadband nirkabel untuk meluncurkan sihir hitam mereka. Jadi, hindari meng-upload gambar pribadi untuk menghindari ancaman ilmu hitam,” katanya dikutip dari laman CNET, Minggu (13/3).

Menurutnya, dahulu bomoh memang dikenal sebagai orang yang memiliki ilmu menyembuhkan seseorang. Namun, dalam beberapa dekade terakhir citranya berubah, karena ilmunya banyak disalahgunakan.

“Beberapa tahun yang lalu, seorang dukun bernama Dato Mahaguru Ibrahim Mat Zin menjadi berita utama ketika ia menggunakan peralatan seperti teropong bambu dalam upaya untuk membantu menemukan para penumpang dari penerbangan hilang MH370,” terangnya. (fab/jpg)


KUALA LUMPUR – Bagi Anda yang masih menganggap bahwa dukun adalah “profesi” yang ketinggalan zaman, dan nggak update, bisa jadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News