Tampilan Booth-nya WOW, Kemenpar Rebut Gold Award di Hong Kong

Tampilan Booth-nya WOW, Kemenpar Rebut Gold Award di Hong Kong
Ilustrasi. Foto: kemenpar.go.id

jpnn.com - JAKARTA - Wonderful Indonesia sedang memanen beragam penghargaan di level global. Award terakhir yang dicapai Kemenpar adalah Gold Award for Design Excellence di Victoria Part, Causeway Bay, Hongkong. Di sini booth yang didesain Kemenpar menyisihkan 126 stan lain di gelaran Hong Kong Flower Show 2016.

“Kemenangan itu tidak seperti durian runtuh, tiba-tiba dapat rezeki nomplok. Kemenangan itu harus direncanakan. Kemenpar di setiap kompetisi yang di level internasional, targetnya adalah juara. Nah, untuk menjadi juara itulah standarnya harus global juga,” jelas Menpar Arief Yahya, di Jakarta. 

Dia mencontohkan soal peringkat branding Wonderful Indonesia di Tour and Travel Competitiveness Index, World Economic Forum. Ada 14 pilar yang dipecah-pecah lagi ke dalam sub-sub pilar, yang sangat detail. 

Tiga poin terendah Indonesia ada di infrastructure, health and hygine, dan ICT readiness. Di titik itulah yang terus diperbaiki, hingga berstandar global. 

Gold Award for Design Excellence di Hongkong itu bukan penghargaan sembarangan. Sepanjang gelaran, penghargaan ini hanya diberikan ke tim yang dianggap menampilkan desain terbaik. Tampilan booth-nya juga harus ‘wow’. Dan desainnya, harus menggunakan ribuan kuntum bungan segar.

“Karena itu, ini adalah kebanggaan buat kami. Hongkong Flower Show merupakan even besar dan menjadi ikon pariwisata di Hongkong," papar Vinsensius Jemadu, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata, didampingi I Gde Pitana, Deputi Pemasaran Mancanegara.  

“Ini seperti Tournament of Roses di Pasadena, Amerika Serikat. Kebetulan, pada 2011 Wonderful Indonesia pernah mendapatkan President Trophy di sana. Keberhasilan di Amerika Serikat tersebut menjadi inspirasi kami untuk mendapatkan penghargaan bergengsi di Hongkong,” tambah Vinsen.

Untuk tahun ini, Wonderful Indonesia tampil dengan Borobudur versi mini dan pemandangan indah pantai di Belitung. Borobudur dipilih telah diakui di dunia sebagai candi terbesar dan tertua dan diakui UNESCO. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News