Waspada, Serangan Tomcat Muncul lagi

Waspada, Serangan Tomcat Muncul lagi
Tomcat. Foto: dok. JPNN.com

SURABAYA—Setelah lama tak terdengar, serangan tomcat muncul kembali. Kali ini hewan kecil berwarna hitam-oranye tersebut menyerang warga Flat Grudo di Kelurahan Tegalsari, Surabaya. Dua penghuni di flat itu mengeluhkan kulit mereka terasa gatal, terbakar, serta perih karena serangan serangga bernama Latin Paederus littoralis tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Surabaya Joestamadji menyatakan, serangan tomcat di Flat Grudo berlangsung sepekan lalu. Dua warga terserang di lengan tangan kiri dan bagian leher.

 ''Setelah terkena cairan tomcat, mereka langsung dilarikan ke puskesmas. Jadi, luka yang mirip luka bakar itu tidak terlalu parah,'' katanya.

Setelah mendapat laporan serangan tomcat di Flat Grudo, tambah Joestamadji, pihaknya bergegas ke lokasi kejadian. Petugas dinas pertanian menyemprotkan larutan pestisida organik di area flat.

 ''Sudah kami semprot dengan larutan campuran laos dan daun mamba. Sekarang sudah aman,'' ujarnya.

Menurut dia, yang dibutuhkan warga adalah edukasi tentang serangga tomcat. ''Jangan dipites karena bahaya tomcat itu adalah cairannya,'' tegasnya. (rst/c5/nda/flo/jpnn)
 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News