SBY Safari Politik, Jokowi Kunjungi Hambalang, Ketua DPD Bilang Begini

SBY Safari Politik, Jokowi Kunjungi Hambalang, Ketua DPD Bilang Begini
Ketua DPD RI Irman Gusman. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Ketua DPD RI Irman Gusman meminta publik tidak terjebak dalam dikotomi kunjunga politik Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke sejumlah daerah di Pulau Jawa dengan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Hambalang.

“Apa yang dilakukan oleh SBY sebagai ketua umum melakukan safari politik sah-sah saja sebagai kapasitasnya ketua umum supaya beliau bisa menangkap apa yang menjadi aspirasi," kata Irman, di Jakarta, Senin (21/3).

Demikian juga halnya dengan kunjungan Presiden Jokowi ke Hambalang. Menurut Irman, itu adalah bahagian dari tugas kepala pemerintahan mengingat Indonesia menjadi tuan rumah pada ajang Asian Games 2018.

“Dua peristiwa tersebut hendaknya dinilai positif sebab aspirasi yang diperoleh Pak SBY kemudian disampaikan kepada presiden sedangkan kunjungan Pak Jokowi ke Hambalang dalam rangka memperkuat persiapan Indonesia sebaga tuan rumah Asian Games," tegasnya.

Dijelaskan Irman, terhentinya proses pembangunan pusat olahraga Hambalang lebih disebabkan karena kebutuhan hukum dari KPK. "Jadi bukan karena dihentikan pemerintah. Tapi ada kebutuhan hukum di situ," tegasnya.

Lebih lanjut, senator asal Sumatera Barat itu berharap upaya mendikotomi safari politik SBY dan kunjungan Jokowi ke Hambalang segera dihentikan saja karena bisa berakibat tidak baik terhadap hubungan presiden dan mantan presiden.

“Dalam konteks ini, kita patut belajar dengan Amerika Serikat dalam menjaga hubungan presiden dengan mantan presiden. Di sana, presiden dan mantan presiden sangat akrab bahkan presiden yang sedang berkuasa bisa menugaskan presiden sebelumnya untuk melakukan visi misi kenegaraan ke berbagai negara di dunia," pungkasnya.(fas/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News