KIP: Relawan Harus Transparan Soal Pendanaan

KIP: Relawan Harus Transparan Soal Pendanaan
Ilustrasi. Foto: Jawapos,com

jpnn.com - JAKARTA - Seperti saat pemilihan presiden lalu, fenomena relawan diprediksi bakal meramaikan pertarungan di Pilkada DKI 2017. Teman Ahok, kelompok pendukung Gubernur Basuki T Purnama adalah salah satunya yang saat ini sudah bergeliat aktif melakukan kerja politik.

Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) DKI Jakarta Gede Narayana menilai kemunculan para relawan ini adalah sebuah hal yang bagus. Namun, dia mengingatkan, kelompok-kelompok ini tetap harus memenuhi standar transparansi yang sama dengan partai politik atau institusi resmi lainnya.

"Keterbukaan informasi tidak boleh jadi masalah, relawan harus menyediakan data jika diminta," kata Gede saat dihubungi, Senin (21/3).

Menurutnya, data yang perlu disiapkan relawan contohnya adalah  terkait sumber pendanaan. Hal ini wajar dipertanyakan oleh publik. Pasalnya, banyak dari kelompok relawan yang beroperasi dengan didukung sarana lengkap bahkan bisa dikatakan mewah.

Dia menyarankan setiap penerimaan dicatat secara detail oleh relawan. Tidak hanya sumbernya, tapi juga besaran dan juga pemanfaatannya. 

"Kalau mendapatkan sumbangan dari masyarakat lainnya, karena bersimpati ataupun mendukung, relawan tersebut harus menyiapkan ketersediaan informasi tersebut. Misalnya kalau ada masyarakat yang meminta atau menanyakan," tutur Gede.(dai/dil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News