Tiga Polda Bakal Diperkuat, Dipimpin Bintang Dua

Tiga Polda Bakal Diperkuat, Dipimpin Bintang Dua
Polisi melakukan simulasi pengamanan. Foto ilustrasi dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA -  Mabes Polri saat ini sedang melakukan kajian terhadap usulan peningkatan level tiga polda, dari tipe B menjadi tipe A.

Ketiganya yakni Polda Sulawesi Utara (Sulut), Polda Kalimantan Barat (Kalbar),  dan Polda Lampung.

Kabag Penum Div Humas Mabes Polri, Kombes Suharsono mengungkapkan setelah dilakukan kajian, nantinya usulan diteruskan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

"Masalah-masalah seperti itu (peningkatan status.red), tentu dilakukan pengkajian mendalam, tidak instan," kata Suharsono kepada JawaPos.com saat dikonfirmasi, Senin (21/3).

Tentunya perubahan status itu akan disertai kenaikan level pimpinan, dari sebelumnya  dikepalai Brigjen Pol atau berbintang satu menjadi dengan perwira tinggi berbintang dua alias Inspektur Jenderal (Irjen).

Dia menyebutkan, kenaikan level juga akan disertai dengan penambahan personel dan fasilita‎s untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas)

Namun Suharsono juga belum dapat memastikan kapan realisasi status ketiga polda bisa ditingkatkan. ‎"Belum tahu persis mas. Semua usulan akan kami proses secara matang," tandas dia. (hyt/JPG/sam/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News