Waspada! Pencuri Beroperasi di Atas Kapal Fery Merak-Bakauheni

Waspada! Pencuri Beroperasi di Atas Kapal Fery Merak-Bakauheni
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - PULOMERAK – Aksi pencuri di atas Kapal Motor Penumpang (KMP) Mustika Kencana milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) terekam oleh kamera closed-circuit television (CCTV). Rekaman tersebut membawa aparat Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak mengamankan seorang pelaku, Selasa (22/3). 

Kepala KSKP Merak AKP Nana Supriyatna mengatakan, penangkapan pencuri di atas kapal adalah yang kedua kalinya di tahun 2016. Modus yang dilakukan adalah dengan cara mengincar mobil yang sedang parkir di dek kapal. 

Pelaku, terangnya, melakukan pemeriksaan terhadap barang-barang yang ada di dalam mobil dengan melihatnya. Setelah memastikan ada barang berharga, pelaku memanfaatkan kelengahan korban. “Pelaku atas nama WKA warga Palembang, korbannya yaitu Rahmat warga Lampung. Adapun barang yang diambil yaitu tas yang disimpan di atas dasbor mobil berpelat nomor BE 9880 FA," katanya, kemarin.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut pihak kepolisian melakukan pemeriksaan terhadap tersangka. “Barang bukti sudah kita amankan berupa tas. Untuk sementara ini kita masih melakukan proses sidik,” katanya.

Pelaku dijerat dengan Pasal 362 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan ancaman maksimal lima tahun kurungan penjara. “Kita terus rutin melakukan patroli untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di area Pelabuhan,” jelasnya.

Kepala Cabang PT DLU Sunaryo mengaku, aksi yang dilakukan WKA terekam CCTV yang dipasang di kapal.  “Kejadianya sekitar pukul 02.00 WIB, kebetulan saya sedang ada di kapal itu dan melihat secara langsung dari CCTV. Kemudian saya bergerak dan langsung menangkapnya,” paparnya.

Aksi itu, kata dia, dilakukan ketika perjalanan kapal dari Bakauheni, Sumatera  meunuju Pelabuhan Merak. Adapun barang bukti yang diamankan adalah tas kosong. “Pelaku sudah kita serahkan ke KSKP Merak untuk ditindaklanjuti,” ujarnya.

Dia menjamin, para penumpang yang naik ke kapal-kapal milik PT DLU tidak perlu merasa risau dan risih. Sebab, pihaknya telah memasang alat pengaman untuk mengetahui semua aktivitas yang ada di dalam kapal tersebut. Dengan begitu, tindakan seperti pencurian dapat dicegah sehinngga penumpang merasa nyaman dan aman ketika berada di kapal. “CCTV kita pasang untuk mengantisipasi hal-hal seperti itu,” ujarnya. (mg10/alt/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News