Yang Melaut di Jawa Timur, Baca Peringatan BMKG Ini

Yang Melaut di Jawa Timur, Baca Peringatan BMKG Ini
Ilustrasi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - SIDOARJO--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan para nelayan maupun pelaut, agar tetap mewaspadai gelombang tinggi yang terjadi hingga dua hari ke depan. Pasalnya, ketinggian gelombang di Samudera Indonesia dan di Laut Jawa, terutama wilayah Jawa Timur, mencapai antara 3 hingga 4 meter.

Sejak beberapa hari terakhir ratusan nelayan di Kabupaten Sidoarjo, terlihat enggan melaut karena adanya gelombang tinggi. Gelombang tinggi ini dipengaruhi adanya pusat tekanan rendah, di selatan Samudra Indonesia.

“Kondisi itu kemudian juga mempengaruhi pertemuan arus angin di sekitar Laut Jawa. Pertemuan arus angin tersebut, kemudian memicu terjadinya gelombang tinggi di Laut Jawa, antara 3 hingga 4 meter,” ujar Eko Prasetyo, Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya saat berada di kantor BMKG Juanda Kabupaten Sidoarjo, Rabu (23/3).

Peringatan ini, ujarnya, penting karena bisa membahayakan kapal nelayan. Terutama kapal yang berukuran kecil. Apalagi angin kencang yang mengakibatkan gelombang tinggi, tidak hanya terjadi di wilayah lautan, melainkan juga di daerah daratan.(end/flo/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News