Konsul Kehormatan Harapkan Indonesia Punya Dubes di Zambia

Konsul Kehormatan Harapkan Indonesia Punya Dubes di Zambia
Konsul Kehormatan Indonesia untuk Zambia, Levi Zulu. Foto: Ayatollah Antoni/JPNN

jpnn.com - LUSAKA - Konsul Kehormatan Indonesia untuk Zambia, Levi Zulu mengharapkan pemerintah RI segera membuka kedutaan besar di negara yang beribu kota di Lusaka itu. Sebab, kerja sama Indonesia dengan Zambia terus meningkat dan banyak potensi yang bisa digarap bersama.

Zulu mengatakan, selama ini urusan antara Indonesia dengan Zambia masih ditangani Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Harare, Zimbabwe. Padahal, jumlah warga negara Indonesia (WNI) di Zambia semakin banyak.

Namun, ia meyakini andai pemerintah Indonesia menempatkan duta besar di Lusaka maka kerja sama Indonesia dengan Zambia akan bisa dioptimalkan.“Banyak potensi di Zambia yang bisa digarap. Andai ada duta besar Indonesia di sini, akan lebih banyak kerja sama yang bisa dilakukan kedua negara,” katanya belum lama ini di Lusaka, Zambia.

Zulu yang juga salah satu pengusaha kondang di Zambia itu menjelaskan, negaranya sangat terbuka bagi investor asal Indonesia. Menurutnya, investor Indonesia bisa masuk Zambia untuk menanamkan modal di bidang pertambangan, agrikultur, mekanisasi pertanian hingga pembangunan infrastruktur.

Bahkan, katanya, potensi kerja sama semakin beragam. “Kita juga ingin mengoptimalkan pendidikan dan pariwisata,” ujar pria penyuka Batik yang sudah berkali-kali berkunjung ke Indonesia itu.

Di bidang pariwisata, katanya, Zambia punya berbagai potenti. Salah satunya adalah Victoria Falls di Livingstone yang disebut-sebut sebagai air terjun terindah di dunia.

“Kami ingin Victoria Falls terkenal seperti Bali. Tentu pariwisata kami akan terdongkrak jika Garuda Indonesia mau membuka rute ke Lusaka,” ucapnya.(ara/JPNN)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News