Terkubur Selama 1 Milenium, Gereja Ini Akhirnya Kembali Dibuka untuk Publik

Terkubur Selama 1 Milenium, Gereja Ini Akhirnya Kembali Dibuka untuk Publik
Bagian dalam Gereja Santa Maria Antiqua. Foto: Reuters

jpnn.com - ROMA – Gereja Santa Maria Antiqua di Roma, Italia akhirnya dibuka untuk umum pada hari Rabu (23/3) lalu. Gereja berusia hampir dua milenia itu baru saja selesai direstorasi setelah sebelumnya tertimbun longsor selama berabad-abad. 

Gereja dari abad keenam itu terletak di Roman Forum kuno, tepatnya di dasar Palatine Hill. Di lokasi tersebut, selama berabad-abad kaisar-kaisar Roma tinggal di istana yang megah. 

Santa Mari Antiqua diperkirakan tertimbun tanah akibat gempa pada 847 Masehi. Arkeolog kembali menemukannya pada 1900. Artinya, butuh waktu 116 tahun sebelum gereja yang indah tersebut bisa dilihat publik. 

Namun yang terpenting kini interior gereja berupa lukisan dinding aneka warna dengan gambar-gambar orang kudus, malaikat, kaisar, dan para martir sudah bisa kembali dinikmati. 

’’Gereja ini adalah Kapel Sistina di awal Abad Pertengahan,’’ ujar Maria Andaloro, sejarawan yang terlibat dalam proyek. Salah satu gambar dindingnya adalah Maria sang perawan bersama putranya. 

Proses restorasi sendiri didanai pemerintah Italia dan World Monuments Fund. Dana yang tersedot mencapai 2 juta pound sterling (setara Rp 37,5 miliar). (Reuters/The Telegraph/sha/c23/ami/dil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News