Sekali Potong Dibayar Rp 700 Ribu

Sekali Potong Dibayar Rp 700 Ribu
Dari kiri : Bing Fuk, Goen bersama model, dan Arie. Foto : dok pribadi

jpnn.com - SURABAYA – Ada satu anekdot lucu yang berkembang di kalangan masyarakat mengenai profesi yang paling berkuasa di dunia. Jawaban raja atau presiden sangat mendominasi.

Namun, ternyata jawaban itu salah. Yang benar adalah tukang potong rambut atau bahasa kerennya hairstylist. Mengapa? Sebab, mereka dengan bebas dan leluasa mampu memegang kepala seorang presiden atau raja sekalipun. Bahkan, kalau disuruh nunduk atau dangak oleh tukang potong rambut, si raja pun pasti nurut.

Ya, pekerjaan itu bisa dibilang memang sedikit berbeda. Meski bukanlah bisnis mainstream yang menjual kebutuhan primer, siapa sangka dari bisnis tersebut, untung yang diraih sangat luar biasa. Itu terbukti dari apa yang sudah dihasilkan beberapa hairstylist ternama asal Surabaya.

Misalnya, Tan Han Goen, owner House of Goen; Bing Fuk, pemilik Bfuk Salon; serta Arie Hidayat, big boss Arie and Harry Salon. Melalui tangan tiga pria itulah, perempuan-perempuan Metropolis terlihat lebih cantik dan tidak kalah dalam hal tren dandanan dengan kaum hawa di belahan dunia lain.

Di antara tiga pria di atas, Tan Han Goen atau yang akrab disapa Goen mungkin paling senior. Pria yang tepat 1 Januari lalu genap berusia 48 tahun itu terjun ke dunia tata rambut sejak 1987. ”Awalnya, kerja sama dengan seorang teman,” kenang Goen.

Lambat laun jumlah pelanggannya semakin banyak. Pada 1991 Goen akhirnya mantap untuk memutuskan ”jalan sendiri” dengan membuka salon pertama di daerah Kertajaya Indah Timur. Selang tiga belas tahun kemudian atau tepatnya pada 2004, dia kembali pindah, kali ini ke sebuah tempat yang cukup prestisius karena terletak di pinggir jalan raya besar, yaitu Raya Kertajaya Indah.

Kini selain pusat di Surabaya, Goen melebarkan sayap ke Manado. ”Di sana bisnis kecantikan sedang berkembang pesat. Orang mau bayar berapa pun agar tampil menarik,” ujarnya antusias.

Setelah seperempat abad bergelut di bisnis itu, Goen sudah menghasilkan banyak hal. Empat properti berupa salon dan rumah tinggal di Surabaya serta dua di Manado menjadi hasil jerih payahnya. Belum lagi kendaraan mewah seperti Jaguar dan Mercedes-Benz lansiran terbaru yang terparkir anteng di garasi rumahnya.

SURABAYA – Ada satu anekdot lucu yang berkembang di kalangan masyarakat mengenai profesi yang paling berkuasa di dunia. Jawaban raja atau presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News