Anda Pecinta Kopi? Baca Info Penting ini..

Anda Pecinta Kopi? Baca Info Penting ini..
Ilustrasi


MINUM kopi bersama para sahabat atau keluarga, tampaknya kini sudah menjadi gaya hidup. Terlebih, bagi sebagian orang, kopi merupakan minuman yang wajib untuk dikonsumsi. Mereka percaya bahwa, dengan meminum kopi, stamina tubuh menjadi lebih tinggi. Sehingga akan lebih semangat untuk melakukan aktivitas seharian.

Namun, sekarang tampaknya Anda harus mulai berhati-hati, pasalnya minum kopi bisa menyebabkan tulang menjadi keropos. Daripada penasaran, yuk tak ada salahnya bila Anda menyimak penjelasan dari Dokter Umum Irma Rismayanty, seperti dilansir Klikdokter.com, Minggu (27/3).

Seperti yang banyak diketahui, kopi merupakan sumber kafein utama. Pada setiap satu cangkir kopi terkandung 103 mg kafein.

"Jika Anda mengonsumsi 100 mg kafein, maka Anda akan kehilangan sekitar 6 mg kalsium. Jika hal ini tidak diimbangi dengan asupan kalsium yang cukup, maka dalam jangka waktu lama, kafein yang Anda konsumsi akan menyebabkan tulang menjadi keropos," ujar Irma.

Studi klinis menunjukkan bahwa konsumsi kopi yang tinggi, yakni empat cangkir kopi per hari, bisa menurunkan kepadatan mineral tulang. Serta meningkatkan pengeluaran kalsium dalam urin dan penyerapan usus akan kalsium menurun.

Menurut penelitian di Swedia, konsumsi asupan kopi yang tinggi yaitu empat cangkir kopi sehari, bisa menyebabkan penurunan massa tulang sebesar 2-4 persen. Namun, hal itu tidak meningkatkan risiko terjadinya patah tulang.

"Pada wanita yang konsumsi kopinya tinggi dan kurang asupan kalsium, risiko patah tulang bisa terjadi. Studi menyatakan bahwa konsumsi kafein lebih dari 300 mg per hari, bisa mempercepat hilangnya kepadatan massa tulang, terutama pada tulang belakang wanita post-menopause," ulasnya.

Karena itu, dokter Irma menganjurkan agar pecinta kopi bisa mulai membatasi asupan kopi dalam sehari.

MINUM kopi bersama para sahabat atau keluarga, tampaknya kini sudah menjadi gaya hidup. Terlebih, bagi sebagian orang, kopi merupakan minuman yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News