Belum Sebulan, Lenyap Begitu Saja

Belum Sebulan, Lenyap Begitu Saja
Ilustrasi. Foto: pixabay

jpnn.com - SORONG - Satu unit closed-circuit television CCTV pemantau Kota yang berada di jalan Jend. Sudirman alias area jalan baru Kota Sorong, Papu Barat, lenyap entah kemana. Menurut warga sekitar, CCTV yang baru terpasang akhir Februari itu sudah tak tahu rimbanya sejak dua minggu lalu. 

“Tidak tahu, sengaja dilepas operator atau ada yang lepas,” kata salah seorang warga, Suwarto, seperti dikutip dari Radar Sorong, Selasa (29/3).

Warga sekitar tak tahu pasti apakah CCTV dicopot operator atau sengaja dirusak. Lenyap secara misterius, hilang begitu saja. “Kami ojek pulang jam sembilan malam, pagi lihat sudah tidak ada. Sampai sekarang tidak ada yang datang pasang atau lihat, dibiarkan begitu saja,” tukasnya.

Suwarto menilai, pemasangan CCTV merupakan program yang baik bagi perkembangan Kota Sorong. Namun, fasilitas ini hendaknya dijaga dengan baik. Jika tidak, akan sia-sia dan tak berguna.  “Ini sangat membantu dalam mengontrol kota, tapi harus dijaga. Kalau bisa di area Jalan Baru ini ada dua CCTV, karena disini cukup rawan kecelakaan,” sarannya.

Lima unit CCTV pengontrol Kota Sorong ini diresmikan pada 29 Februari 2016 oleh Wali Kota Sorong, Lambertus Jitmau. 

Program smart city CCTV ini merupakan kerjasama Dinas Kominfo Kota Sorong dengan beberapa mitra di antaranya Telkom, Telkomsel, Telkom Daya Mitra Komunikasi dan Mitra Sel. Direncanakan sebanyak 89 CCTV akan dipasang di penjuru Kota Sorong. Lima unit CCTV yang telah terpasang di antaranya di Km 8, Jl. A. Yani, Jalan baru, Supermarket Saga serta Lido. 

Namun, belum genap sebulan, satu unit CCTV telah copot. Terkait kerusakan CCTV di Jalan Baru ini, belum ada keterangan resmi dari pemerintah daerah Kota Sorong. (ayu/adk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News