Cintai Jantung Kamu, Minum Ini Setiap Hari

Cintai Jantung Kamu, Minum Ini Setiap Hari
Ilustrasi. Foto: Healthlife

PHOENIX--Sebuah penelitian baru menganjutkan minum secangkir teh setiap hari untuk kesehatan jantung Anda.
Studi ini menemukan bahwa orang yang minum secangkir teh setiap hari,  35 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung atau peristiwa kardiovaskular besar lainnya.  

Studi ini juga menemukan bahwa peminum teh kurang mungkin untuk memiliki penumpukan kalsium di arteri koroner jantung. Deposit kalsium telah dikaitkan dengan kondisi yang serius, seperti penyakit jantung dan stroke.

" Kami menemukan bahwa peminum teh moderat memiliki penurunan kalsium arteri koroner dan penurunan kejadian kardiovaskular," kata peneliti Dr. Elliott Miller, seperti dilansir laman Safebee,

Menurutnya, ini adalah studi observasional. Para peneliti  tidak bisa memastikan apakah ini hanya gaya hidup sehat dari peminum teh yang memberikan efek positif bagi jantung mereka.

Untuk penelitian ini, Miller dan timnya melihat data dari lebih dari 6.000 laki-laki dan perempuan yang terdaftar dalam studi yang yang dimulai pada 2000. Pada awal penelitian, semua relawan bebas dari penyakit jantung.

Para peneliti melacak catatan dari pria dan wanita untuk melihat siapa yang memiliki serangan jantung, stroke, nyeri dada atau meninggal karena jenis penyakit jantung lebih dari 11 tahun. Para peneliti juga mengukur endapan kalsium di pembuluh darah selama lima tahun dengan membandingkan CT scan sebelumnya.

Studi ini menemukan bahwa orang yang minum secangkir teh setiap hari memiliki risiko sekitar sepertiga kurang dari event penyakit jantung utama selama periode penelitian dibandingkan orang yang tidak minum teh. Peminum teh yakni mereka yang minum satu sampai tiga cangkir sehari juga menunjukkan penurunan penumpukan kalsium di arteri mereka.

“Teh rendah kalori dan merupakan pilihan minuman yang baik selama Anda tidak menambahnya dengan banyak gula,” imbuhnya. Studi dipublikasikan pada pertemuan American Heart Association di Phoenix.(fny/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News