Nasib Ahok Bisa Mirip Jokowi, Prabowo dan SBY Lho..

Nasib Ahok Bisa Mirip Jokowi, Prabowo dan SBY Lho..
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Foto: Manado Pos

jpnn.com - JAKARTA - Basuki Tjahaja Purnama memastikan untuk maju lewat jalur independen pada pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta 2017 nanti. Namun, pria yang disapa Ahok ini tidak menutup pintu bagi partai yang ingin memberikan dukungan padanya.

Lalu apa keuntungan partai yang mendukung Ahok? Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, tidak menutup kemungkinan ada deal-deal politik setiap partai yang mendukung Ahok. Namun demikian, menurut analisa dia, hanya ada satu pendekatan ilmiah sehingga partai mendukung Ahok.

"Secara ilmiah coattail effect. Itu adalah efek dongkrak elektabilitas partai pada calon yang berelektabilitas tinggi. Jadi setiap calon populer, maka imbasnya akan kena pada partai pendukung," ujar dia dalam acara survey "Siapa Berani Lawan Ahok?" di kantor Charta Politika Jalan Cisanggiri III, Jakarta Selatan, Rabu (30/3).

Cottail Effect, kata dia, sering terjadi di Indonesia. Seperti sosok Joko Widodo yang memberikan elektabilitas pada partai PDI Perjuangan. Begitupun, figur Susilo Bambang Yudhoyono yang mendongkrak partai Demokrat pada saat partai tersebut tengah dilanda banyak kasus korupsi pada 2014 lalu.

"Elektabilitas partai Gerindra juga melonjak karena adanya sosok Prabowo. Jadi partai yang akan mendukung Ahok pada pilkada nanti juga akan terkena imbasnya," imbuhnya.

Ditambahnya, saat ini kepercayaan masyarakat pada parpol rendah. Sehingga, akhirnya masyarakat lebih menyukai calon independen yang maju tanpa didukung parpol.

Oleh karena itu, setiap partai yang mendukung Ahok, maka masyarakat akan menilai bahwa masih ada partai yang berdiri bersama rakyat.‎

"Ini adalah bagian dari otokritik dari partai yang selama ini tidak dipercayai masyarakat lagi. Artinya setiap partai yang mendukung calon independen akhirnya mendapatkan limpahan persepsi positif dari masyarakat," tandas dia.‎ (Mg4/jpnn)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News