Pelabuhan Penyeberangan Parigi Siap Beroperasi

Pelabuhan Penyeberangan Parigi Siap Beroperasi
Kementerian Perhubungan. Ilustrasi

jpnn.com -  

JAKARTA - Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Parigi (Toboli) di Sulawesi Tengah. Pelabuhan yang dibangun dengan biaya APBN sebesar Rp 26,9 miliar ini, nantinya akan diresmikan langsung oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

"Rencananya nanti pada 1 April 2016 akan diresmikan oleh pak menteri," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kemenhub, JA Barata di Jakarta, Rabu (30/3).

Pelabuhan Parigi nantinya bakal melayani lintas penyeberangan antar provinsi, yaitu pelabuhan penyeberangan Parigi dengan Pelabuhan Penyeberangan Marisa, kabupaten Pahuwanto, provinsi Gorontalo. Namun, sambung Barata, tidak menutup kemunginan nantinya untuk melayani lintas Toboli-Wakai. Mengingat Wakai merupakan tempat pariwisata.

Ada pun lintas penyeberangan Toboli-Marisa akan dilayani oleh Kapal Ro-Ro KMP Cengkih Afo, yang memiliki kapasitas angkut 14 unit kendaraan campuran.

"Dan 329 penumpang yang saat ini melayani lintas penyeberangan Marisa-Wakai-Ampana," tutur Barata.

Nah, dengan beroperasinya pelabuhan penyeberangan Parigi dengan layanan penyeberangan perintis antar provinsi ini, diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Parigi Moutong, yang menjadi kabupaten otonom pada 2012. (chi/jpnn)

jpnn.com -  


  JAKARTA - Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Parigi (Toboli) di Sulawesi Tengah. Pelabuhan yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News