Bandara Supadio Ditargetkan Mampu Tampung 3,2 Juta Penumpang

Bandara Supadio Ditargetkan Mampu Tampung 3,2 Juta Penumpang
Ilustrasi

jpnn.com - PONTIANAK - Bandara Supadio Pontianak ditargetkan mampu menampung 3,2 juta penumpang pada 2017. Dirut Angkasa Pura II  Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk mencapai target tersebut, bandara yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat ini bakal dikembangkan hingga lima kali lebih besar, dari kapasitas yang ada saat ini.

"Kapasitas terminal penumpang Bandara Supadio dinilai telah mengalami kelebihan kapasitas, sehingga perlu diatasi dengan membangun terminal penumpang yang baru," ujar Budi dalam siaran persnya, Rabu (30/3).

Dia menjelaskan, pada 2011 pengembangan Bandara Supadio sudah dimulai dan saat ini telah mencapai tahap III. Pengembangan Bandara Supadio, sambung Budi, memang dilakukan bertahap, mengingat pelaksanaannya tanpa menghentikan operasional bandara.

"Pembangunan Tahap I diawali pemancangan tiang pertama dengan dana Rp 65 miliar. Angkasa Pura II sebagai pengelola menggandeng dua kontraktor nasional yaitu PT Hutama Karya dan PT Adhi Karya. Pengembangan Bandara Supadio diperkirakan bakal menghabiskan dana sebesar Rp 400 miliar," papar Budi.

Sementara progres pembangunan Bandara Supadio tahap III sampai Maret 2016, sudah terealisasi 60 persen untuk pengembangan terminal, serta 8 persen untuk fasilitas bandara. Diperkirakan akan rampung pada Mei 2016. Sedangkan bagian atap baja ditargetkan selesai pada Oktober 2016.

"Sehingga operasional bandara bisa dilaksanakan di pertengahan Desember 2016 ini," harap pria berkaca mata ini. (chi/jpnn)


PONTIANAK - Bandara Supadio Pontianak ditargetkan mampu menampung 3,2 juta penumpang pada 2017. Dirut Angkasa Pura II  Budi Karya Sumadi mengatakan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News