6 Penyakit Berbahaya Ini Ancam Warga Kalbar

6 Penyakit Berbahaya Ini Ancam Warga Kalbar
Ilustrasi. Foto: Bulungan Post

jpnn.com - PONTIANAK – Warga Kalimantan Barat harus lebih waspada terhadap kondisi kesehatan. Sebab, enam penyakit infeksi hewan yang bisa menjangkiti manusia kini terus mengintai warga Kalbar.

Yakni, rabies, flu burung, keguguran pada ternak, antraks, hog cholera pada babi serta nipah akibat gigitan kelelawar. Penyakit-penyakit tersebut juga sempat marak di beberapa daerah.

Rabies dan hog cholera pernah mewabah di Kapuas Hulu. Sedangkan status kejadian luar biasa (KLB) rabies belum juga dicabut di Ketapang.

“Sekarang pun yang perlu kita waspadai di Kalbar yakni penyakit rabies, waktu itu sempat heboh sekali,” ujar Kabid Pelayanan Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet) Dinas Peternakan Provinsi Kalbar, Drh. Elidar MM, Rabu (30/3).

Menurut Elidar, ada lima penyakit hewan yang harus diwaspadai di Kalimantan Barat. Yakni rabies, flu burung, antraks, hog cholera dan brucellosis. “Namun di Kapuas Hulu kami tetap antisipasi rabies dan og Chcolera,” terangnya. (rk/jos/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News