Tiga Universitas Swasta di Jatim Buka Fakultas Kedokteran

Tiga Universitas Swasta di Jatim Buka Fakultas Kedokteran
Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Foto ilustrasi: Guslan Gumilang/dok.JPNN

jpnn.com - SURABAYA – Tiga universitas di Jawa Timur diiinkan membuka Fakultas Kedokteran.  Yakni Universitas Muhammdiyah (UM) Surabaya, Universitas Surabaya (Ubaya), dan Universitas Ciputra (UC).

Ketiga universitas tersebut merupakan bagian dari delapan perguruan tinggi negeri (PTN) dan PTS di Indonesia yang telah mendapatkan SK Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Muhammad Nasir tentang pemberian izin pendirian Fakultas Kedokteran.

Rektor Ubaya, Prof Ir Juniarto Parung mengaku bangga akhirnya kampusnya bisa mendapatkan kepercayaan dari Kemenristek Dikti untuk membuka Fakultas Kedokteran.

“Ini penantian panjang. Persiapan tahun 2009 dan baru resmi mendaftarkan tahun 2012,” kata Prof Joni seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Kamis (31/3).

Ubaya mempersiapkan kurikulum pendidikan dokter selama 4 tahun (8 semester) dengan 155 SKS dan profesi Kedokteran selama 2 tahun (4 semester) dengan 48 SKS.

Sebagai fasilitas pendukung perkuliahan, Ubaya telah bekerjasa sama dengan Rumah Sakit Pendidikan Utama yaitu RSUD Dr Soekandar Mojosari. Dari syarat 18 dosen, kini Ubaya telah memiliki 22 tenaga pengajar.

Rencananya, Ubaya akan membuka penerimaan mahasiwa baru angkatan pertama pada bulan April 2016.

Joni mengklaim keunggulan Fakultas Kedokteran Ubaya dengan yang lainnya adalah menekankan pada Interprofessional Education (IPE), yaitu mampu mengimplementasikan pendekatan interpersonal dalam masalah kesehatan, batas kompetensi dan kewenangan setiap profesi, mengidentifikasi nilai setiap profesi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News